Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Ekowisata:Nagari Sungai Pinang Kecamatan Koto IX Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat.

Fitriani, Erda and Selinaswati, Selinaswati and Mardhiah, Desy (2017) Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Ekowisata:Nagari Sungai Pinang Kecamatan Koto IX Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Project Report. Sosiologi FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
laporan akhir penelitian pemula erda fitriani.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pariwisata telah menjadi industri terbesar di dunia, dan merupakan andalan utama dalam menghasilkan devisa negara. Sejalan dengan Otonomi Daerah, beberapa daerah mengembangkan potensi alam, sejarah dan budaya untuk membangun pariwisata. Lokasi wisata Sungai Pinang termasuk kawasan wisata Mandeh yang menjadi destinasi unggulan yang mengedepankan potensi wisata maritim dengan keindahan alam. Kawasan ini dijuluki The Paradise in The Shouth (Surga di Selatan), maksudnya di bagian selatan Provinsi Sumatera Barat. Fokus dari penelitian ini yaitu partisipasi masyarakat dalam pembangunan ekowisata Sungai Pinang. Suatu hal yang menarik dari parisata Sungai Pinang yaitu sebelum dikembangkan kawasan wisata Mandeh daerah ini telah dikelola sebagai lokasi wisata oleh masyarakat setempat. Fasilitas wisata yang ada yaitu sebuah homestay dan panangkaran penyu. Daya tarik dari lokasi wisata Sungai Pinang yaitu kehidupan masyarakat Sungai Pinang itu sendiri. Pariwisata Sungai Pinang tidak akan dapat berjalan dengan baik tampa adanya partisipasi dari masyarakat local oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan dan mendeskripsikan partisipasi masyarakat Nagari Sungai Pinang dalam pembangunan pariwisata Ekologi. Metodologi penelitian akan dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe etnografi. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu masyarakat Sei Pinang ikut berpartisipasi dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya. Bentuk partisipasi yaitu dalam perencanaan, pelaksanaan, pemanfaat hasil dan evaluasi pariwisata. Mereka yang merasakan manfaat langsung dari parisiwata adalah mereka yang sudah lama terlibat aktif dalam aktivitas kepariwisataan. Sedangkan bagi mereka yang baru menyadari pariwisata berperan dalam bidang ekonomi masyarakat belum merasakan hasil dari pengembangan pariwisata Sungai Pinang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 21 Mar 2018 03:26
Last Modified: 21 Mar 2018 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/13454

Actions (login required)

View Item View Item