Sonita, Merly (2019) Studi Komperatif Kinerja Karyawan Bersertifikat Kompetensi dan Kinerja Karyawan Tidak Bersertifikat Kompetensi di Daima Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_MERLY_SONITA_15135134_2743_2019.pdf [thumbnail of B1_4_MERLY_SONITA_15135134_2743_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_MERLY_SONITA_15135134_2743_2019.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil pengalaman Praktek Lapangan Industri 2
karyawan di Daima Hotel Padang, dimana masih terdapat permasalahan dalam
kinerja karyawan seperti adanya karyawan yang belum mempunyai sertifikat,
karyawan tidak tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, karyawan kurang
disiplin dalam pekerjaannya dan tidak mengikuti aturan yang ditetapkan dari
hotel, adanya keluhan tamu karena menunggu lama dari pelayanan kerja
karyawan.
Jenis penelitian ini digolongkan dalam penelitian Deskriptif Komperatif
dengan pendekatan variabel tunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah
karyawan Daima Hotel Padang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 orang
dengan teknik pengambilan sampelnya adalah total sampling. Jenis data yang
akan dipergunakan dalam penelitian adalah data sekunder, yaitu data sekunder
performance review yang didapatkan di penilaian kinerja karyawan yang
didapatkan dari HRD Hotel Daima dengan yang diukur dengan menggunakan data
konsentrasi (menghitung frekuensi, mean, modus, persentase, nilai rata-rata,
standar deviasi, nilai minimum dan nilai maksimum).Selanjutnya data dianalisis
melalui analisis normalitas dengan bantuan program SPSS versi 16.00.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan
hasil sebagai berikut: (1)Kinerja karyawan bersertifikat kompetensi dan kinerja
karyawan tidak berkompetensi secara keseluruhan didapatkan dengan jumlah
terbanyak sebesar 58,2 % responden berada pada rentang skor 71 – 80 termasuk
kateori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja karyawan di
Daima Hotel Padang secara keseluruhan dikategorikan cukup, hal ini ditunjukkan
melalui klarifikasi skor melalui performance review yang didapatkan dari HRD
Daima Hotel Padang.(2)Kinerja karyawan bersertifikat kompetensi didapatkan
dengan jumlah terbanyak sebesar 53,3% responden berada pada rentang skor 81 –
90 termasuk kateori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja
karyawan bersertfikat kompetensi di Daima Hotel Padang secara keseluruhan
dikategorikan baik, hal ini ditunjukkan melalui klarifikasi skor melalui
performance review yang didapatkan dari HRD Daima Hotel Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:54 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13288 |