Ramadhan, Andi Rio (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pokok Bahasan Teorema Pythagoras. Bachelor/Skripsi thesis, UNP.
![B1_01_ANDI_RIO_RAMADHAN_16029098_196_2020.pdf [thumbnail of B1_01_ANDI_RIO_RAMADHAN_16029098_196_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_01_ANDI_RIO_RAMADHAN_16029098_196_2020.pdf
Download (11MB)
Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bahan ajar yang 
mampu menunjang pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. LKPD 
memuat rangkaian kegiatan dengan tujuan pencapaian pemahaman akan materi 
yang diajarkan. Namun demikian, tidak semua LKPD mampu menunjang 
pembelajaran secara optimal. Pada LKPD yang diamati terkait materi teorema 
Pythagoras masih terdapat hal-hal yang perlu disempurnakan. Penelitian ini 
bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada pokok bahasan teorema Pythagoras  
yang valid dan praktis dengan menggunakan pendektan Contextual Teaching and 
Learning (CTL). 
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Mckenney 
yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap preliminary, tahap prototyping, dan tahap 
assessment. Tahap preliminary terdiri dari analisis peserta didik, analisis struktur 
isi, dan analisis konsep. Tahap prototyping terbagi atas 3 bagian yaitu prototype 1, 
prototype 2, dan prototype 3. Karena keterbatasan kondisi, pada penelitian ini hanya 
sampai pada tahap prototype 2. Pada prototype 1 bertujuan untuk menentukan 
tingkat kevalidan dari LKPD yang dikembangkan dengan melakukan perancangan, 
evaluasi sendiri, dan validasi oleh pakar. Pada prototype 2 dilakukan kegiatan one 
to one untuk mengukur kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Validitas dan 
praktikalitas diukur berdasarkan angket validitas yang diisi oleh tiga orang validator 
dan angket praktikalitas yang diisi oleh tiga orang responden. 
Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD berbasis 
pendekatan CTL telah memenuhi kriteria valid dari aspek kelayakan isi, 
kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Dilihat dari aspek kemudahan penggunaan, 
waktu, dan biaya yang diperlukan LKPD memenuhi kriteria praktis. Berdasarkan 
hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendektan CTL pada 
pokok bahasan teorema Pythagoras dapat dinyatakan valid dan praktis.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 21 Jan 2025 05:15 | 
| Last Modified: | 21 Jan 2025 05:15 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/129 | 
 
         