Efektivitas Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa

Hasanah, Ummi and Ahmad, Riska and Karneli, Yeni (2017) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. In: Proceedings International Counseling and Education Seminar: The Responsibility of Counselor and Educator in Millennium Era, 16 Oktober 2017, Padang.

[img]
Preview
Text
UMMI HASANAH-RISKA AHMAD-YENI KARNELI.pdf

Download (924kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen jenis The One-Group Pre-Test Post-Tes Design. Subjek penelitian berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data menggunkan skala konsentrasi. Analisis data menggunkan teknik analisis data deskriptif dan Uji Wilcoxon.Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) konsentrasi belajar siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten berada pada kategori sedang, (2) setelah diberikan layanan penguasaan konten berada pada kategori tinggi, (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara konsentrasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten.Berdasarkan temuan penelitian, menunjukkan bahwa konsentrasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten. Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya melaksanakan layanan penguasaan konten di sekolah oleh guru BK, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 21 Nov 2017 07:36
Last Modified: 21 Nov 2017 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/11244

Actions (login required)

View Item View Item