Riski, Efrina (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_1_EFRINA_RISKI_15029095_3179_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis memiliki peran yang sangat 
penting yang diperlukan dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran 
matematika. Kemampuan pemahaman konsep tersebut harusnya dapat 
dikembangkan melalui proses pembelajaran. Namun, pembelajaran matematika 
yang terjadi di kelas VIII SMPN 2 Pariaman belum melibatkan peserta didik 
secara optimal dalam proses penemuan konsep, sehingga kemampuan pemahaman 
konsep matematis peserta didik belum berkembang dengan baik. Di samping itu, 
partisipasi atau peran aktif peserta didik dalam pembelajaran juga terlihat masih 
kurang. Hal ini berdampak pada rendahnya kemampuan pemahaman konsep 
matematispeserta didik. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi 
masalah tersebut di atas adalah pembelajaran dengan menggunakan model 
pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 
mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang 
belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik 
daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas yang 
belajar 
menggunakan pembelajaran konvensional VIII SMPN 2 dan 
mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematis 
selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS di kelas VIII SMPN 
2 Pariaman. 
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Static  
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII 
SMPN 2 Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik penarikan sampel 
dilakukan dengan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 
peserta didik kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII.6 
sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes pemahaman 
konsep matematis. 
Berdasarkan hasil analisis data,  diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan 
pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model 
pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik dari pada kemampuan pemahaman 
konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional 
pada kelas VIII SMPN 2 Pariaman
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics  | 
        
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 14 May 2025 08:17 | 
| Last Modified: | 14 May 2025 08:17 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10717 | 
         