Rahman, Aulia (2014) Efektifitas Metode Pembelajaran Total Physical Response (TPR) Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa Tunanetra di Kelas VII SLB A Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_AULIA_RAHMAN_54050_5826_2014.pdf [thumbnail of B1_2_AULIA_RAHMAN_54050_5826_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_AULIA_RAHMAN_54050_5826_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di
sekolah tingkat SMLB di SLB A Kota Payakumbuh. Dimana siswa belum mampu
berbahasa Inggris dengan baik dikarenakan penguasaan kosakata bahasa Inggris
siswa yang kurang.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen bentuk pre
experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Dimana subjek
penelitian diberikan pretest sebelum diberikan treatment selanjutnya diberikan
posttest setelah diberikan treatment dengan metode Total Physical Response.
Selanjutnya nilai dari kegiatan pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan
uji U Mann Whitney.
Hasil penelitian ini menunjukkan, data yang terkumpul kemudian dianalisis
dengan melihat rata – rata capaian siswa pada saat pretest yang hanya mencapai 38%
dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris. Selanjutnya ketika menganalisa posttest
terdapat peningkatan yakni 87,5%. Selanjutnya data diolah agar lebih ilmiah dangan
menggunakan uji U Mann Whitney. Dimana diperoleh Uhit = 0,5 dan Utab = 0 dengan
n=4 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dapat disimpulkan hipotesis diterima
karena Uhit > UTab, jadi terbukti bahwa metode Total Physical Response (TPR) dapat
meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa tunanetra. Saran dalam
penelitian ini adalah agar guru dapat menggunakan metode Total Physical Response
dalam mengajarkan bahasa asing kepada siswa tunanetra.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Total Physical Response (TPR) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 09 May 2025 09:13 |
Last Modified: | 09 May 2025 09:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10551 |