Penerapan Media Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal bagi Anak Tunarungu (Single Subject Research di Kelas 1 di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh)

Anggraini, Yelsi (2012) Penerapan Media Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal bagi Anak Tunarungu (Single Subject Research di Kelas 1 di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_YELSI_ANGGRAINI_01113_4395_2012.pdf] Text
B1_2_YELSI_ANGGRAINI_01113_4395_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak tunarungu yang belum mengenal huruf vokal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal semua huruf vokal dengan benar dan melihat apakah media power point dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksprimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subjek penelitian adalah anak tunarungu X kelas 1 (satu). Target behaviour dalam penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal huruf vokal dengan menyebutkan dan menunjukkan huruf vokal, penilaian yang diberikan adalah berbentuk persentase (%). Penelitian ini terlebih dahulu dilihat dari kondisi baseline yakni kemampuan awal anak dalam mengenal huruf vokal. Setelah itu dilanjutkan pada kondisi intervensi yakni kondisi lanjutan yang akan diberi perlakuan. Data yang diperoleh diolah dengan grafik. Sehingga hasil penelitian ini dapat tergambar dengan jelas. Setelah data dianalisis diperoleh hasil sebagai berikut pada phase baseline yaitu anak hanya mampu mengenal satu huruf vokal yaitu huruf [a]. Pada phase intervensi yaitu melakukan pembelajaran dengan menggunakan media power point anak bisa mengenal semua huruf vokal (nilai mencapai 100%). Pengamatan dilihat pada hari keenam kondisi anak dapat menunjukkan dan menyebutkan dua huruf vokal, pada hari ketujuh dan kedelapan pengamatan kondisi anak dapat menunjukkan dan menyebutkan tiga huruf vokal, pada hari kesembilan pengamatan kondisi anak dapat menunjukkan empat huruf vokal dan pada hari kesepuluh sampai hari ketigabelas pengamatan anak dapat menunjukkan dan menyebutkan semua huruf vokal ([a], [i], [u], [e], [o]). Maka dapat diartikan bahwa pembelajaran dengan penggunaan media power point dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal bagi anak tunarungu. Peneliti menyarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya agar dapat memberikan pembelajaran dengan menggunakan media power point untuk mengenal huruf vokal dalam pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media PowerPoint, Huruf Vokal, Anak Tunarungu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 09 May 2025 06:55
Last Modified: 09 May 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10458

Actions (login required)

View Item
View Item