Meningkatkan Keterampilan Makan Menggunakan Sendok Melalui Teknik Modelling Pada Anak Low Vision Kelas I di SLB Amal Bhakti Sicincin

Saputra, Mediansyah Tri (2016) Meningkatkan Keterampilan Makan Menggunakan Sendok Melalui Teknik Modelling Pada Anak Low Vision Kelas I di SLB Amal Bhakti Sicincin. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MEDIANSYAH_TRI_SAPUTRA_1105304_2972_2016.pdf] Text
B1_2_MEDIANSYAH_TRI_SAPUTRA_1105304_2972_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan permasalahan yang ditemukan di SLB Amal
Bhakti Sicincin, seorang anak low vision yang mengalami kesulitan dalam cara
makan. Hal ini terlihat pada saat peneliti melakukan pengamatan terhadap anak
dan didapati makan belum sesuai dengan apa yang seharusnya. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan keterampilan makan menggunakan sendok melalui
teknik modelling anak kelas I di SLB Amal Bhakti Sicincin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single
subject research (SSR), dengan menggunakan desain A-B-A dan teknik analisis
datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian ini adalah anak low
vision Target behavior dalam penelitian ini adalah cara makan menggunakan
sendok yang baik dan benar. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan
persentase dari jumlah butir instrumen yang dapat dilakukan dengan baik dan
benar.
Pengamatan dilakukan dalam tiga sesi yaitu pertama, sesi baseline (A1)
yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan, hasil persentase dalam kondisi
ini 10%, 10%, 20%, 20%, 20%, 20%. Kedua, sesi intervensi melalui teknik
modelling (B) dilakukan sebanyak delapan kali pengamatan, persentase
keterampilan makan menggunakan sendok pada kondisi ini 25%, 40%, 50%, 60%,
80%, 80%, 80%, 80%. Dan pada sesi akhir disebut juga dengan baseline (A2)
kondisi awal setelah perlakuan dihentikan. Pada kondisi ini, persentase
keterampilan makan menggunakan sendok 30%, 45%, 60%, 80%, 80%, 80%.
Kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, kecenderungan jejak data, dan
perubahan level meningkat secara positif, serta persentase overlap (data yang
tmpang tindih) pada analisi antar kondisi adalah 0% dan 17%. Semakin kecil
persentase overlap semakin kuat pengaruh intervensi terhadap perubahan
perlakukan. Sehingga, dapat diambil kesimpulan bahwa teknik modelling efektif
untuk meningkatkan keterampilan makan menggunakan sendok bagi anak low
vision. Peneliti menyarankan pada guru hendaknya dapat menggunakan teknik
modelling untuk meningkatkan tata cara makan menggunakan sendok

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 08 May 2025 02:41
Last Modified: 08 May 2025 02:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10248

Actions (login required)

View Item
View Item