Strategi Promosi Objek dan Daya Tarik Wisata Lembah Harau oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota

Loriska, Vicky (2017) Strategi Promosi Objek dan Daya Tarik Wisata Lembah Harau oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_VICKY_LORISKA_1306384_4819_2017.pdf] Text
B1_04_VICKY_LORISKA_1306384_4819_2017.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena wisatawan merasa kurangnya kegiatan promosi pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota sehingga diperlukan adanya strategi dalam kegiatan promosi objek dan daya tarik wisata Lembah Harau oleh Dinas Pariwisata dengan analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal serta mendeskripsikan strategi promosi yang dapat dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yang melibatkan informan, yaitu: empat pegawai Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota yang terdiri dari Kepala Seksi Promosi dan Informasi Pariwisata, Kepala Seksi Kemitraan dan Kerjasama Antar Lembaga, Kepala Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Destinasi Wisata, Kepala Bidang Pariwisata, kemudian lima orang wisatawan domestik. Data dianalisis secara reduksi yaitu merangkum, memilih dan memfokuskan pada hal-hal penting, serta menganalisis data yang diperoleh terhadap masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Kekuatan potensi objek dan daya tarik Lembah Harau yang dapat ditawarkan dan dipromosikan ke wisatawan lokal maupun mancanegara. 2). Kelemahan ialah anggaran pemerintah masih terbatas untuk mengadakan kegiatan promosi, penyebaran brosur yang masih terbatas di tempat tertentu, pemasangan baliho yang masih dikawasan objek dan daya tarik wisata Lembah Harau, dan potensi wisata sangat banyak tetapi promosinya tidak maksimal. 3). Peluang yang dimiliki ialah banyaknya organisasi kepariwisataan yang bisa diikutsertakan dalam kegiatan promosi, Melibatkan generasi muda dalam kegiatan ajang lomba promosi Objek dan daya tarik wisata Lembah Harau. 4). Ancaman yang dimiliki persaingan dengan pihak swasta atau Instansi di Provinsi lain. Strategi promosi objek dan daya tarik wisata Lembah Harau yang dapat dilakukan ialah antara lain: 1) Memaksimalkan promosi melalui media internet, channel youtube, media sosial lainnya 2). Memperbanyak kerjasama dengan industri pariwisata. 3) Memperbanyak kegiatan promosi melalui pameran dan event-event pariwisata kabuapaten Lima Puluh Kota 4) Melakukan evaluasi dari setiap kegiatan promosi yang telah dilakukan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PROMOSI OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 07 May 2025 07:49
Last Modified: 07 May 2025 07:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10221

Actions (login required)

View Item
View Item