Pennasari, Elida (2012) Kontribusi Iklim Kerja dan Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Aeknabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ELIDA_PENNASARI_19057_6172_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ELIDA_PENNASARI_19057_6172_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ELIDA_PENNASARI_19057_6172_2012.pdf
Download (895kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan sementara di SD Kec. Aeknabara Barumun Kab. Padang Lawas, terlihat bahwa masih rendahnya tingkat kepuasan kerja guru, hal ini terlihat dari sebagian guru yang sering mengeluh, kesal, tidak senang dalam melaksanakan tugasnya karena mengajarkan mata pelajaran yang tidak sesuai dengan keahliannya, kondisi ini dipengaruhi oleh iklim kerja dan insentif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan 1) Kontribusi iklim kerja terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Aeknabara Barumun Kabupaten Padang Lawas, 2) Kontribusi insentif terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Aeknabara Barumun Kabupaten Padang Lawas, 3) Kontribusi iklim kerja dan insentif secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Aeknabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar di Kecamatan Aeknabara Barumun sebanyak 97 orang guru yang berstatus PNS, teknik pengambilan sampel stratified proporsional random sampling yaitu sebanyak 47 orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Data yang terkumpul itu kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Iklim kerja berkontribusi secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru SD di Kec. Aeknabara Barumun Kab. Padang Lawas sebesar 36,10%. Artinya untuk meningkatkan Kepuasan Kerja guru maka mesti dilakukan dengan memperbaiki atau meningkatkan rasa saling terbuka dengan skor capaian sebesar 77,38%, rasa saling percaya dengan skor 77,78%, dan sikap saling menghargai dengan skor sebesar 76,60%, 2) Insentif berkontribusi secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru SD di Kec. Aeknabara Barumun Kab. Padang Lawas sebesar 28,80%. Artinya untuk meningkatkan kepuasan kerja guru maka mesti dilakukan dengan memperbaiki atau meningkatkan penghargaan dengan skor capaian sebesar75,91%, pujian dengan skor 76,38%, dan paket/hadiah dengan skor sebesar 76,68%, 3) Iklim kerja dan insentif secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru SD di Kec. Aeknabara Barumun Kab. Padang Lawas sebesar 46,90%. Artinya untuk meningkatkan kepuasan kerja guru maka mesti dilakukan perbaikan pada iklim kerja dan insentif guru di SD di Kec. Aeknabara Barumun Kab. Padang Lawas. Berdasarkan kesimpulan dan implikasi, disarankan agar dalam upaya meningkatkan kepuasan kerja guru, maka guru harus mampu meningkatkan iklim kerja dan insentifnya dalam melaksanakan tugas yang diembannya.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 07 May 2025 04:16 |
Last Modified: | 07 May 2025 04:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10194 |