Elinisfa, Elinisfa (2016) Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di Kelas V SD Negeri Komplek Simpangharu Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ELINISFA_1303957_3370_2016.pdf [thumbnail of B1_1_ELINISFA_1303957_3370_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ELINISFA_1303957_3370_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
SDN Komplek Simpangharu. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata Ulangan Harian
peserta didik yang masih berada di bawah KKM yang telah ditetapkan.Hal ini
terjadi karena kurangnya aktivitas belajar peserta didik dan siswa tidak terlibat
secara aktif dalam pembelajaran.Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan
Pembelajaran Berbasis Masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk
membandingkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan
menggunakan model PBM dengan peserta didik yang diajar dengan pendekatan
konvensional.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan
rancangan the static camparison: randomized control group only design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN komplek
Simpangharu dengan sampel Kelas V SDN 03 sebagai kelas eksperimen dan kelas
V SDN 34 sebagai kelas control,dengan penarikan sampel random sampling .
Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas dan hasil belajar
peserta didik. Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai
berikut ini. Pertama, terdapat perbedaan aktivitas yang signifikan bagi peserta
didik yang diajar menggunakan model PBM dengan aktivitas peserta didik yang
diajar rmenggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan perhitungan
diperoleh harga thitung 5,46 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,645,
harga thitung lebih besar dari ttabel sehingga H1 diterima. Kedua, terdapat perbedaan
hasil belajar yang signifikan bagi peserta didik yang diajar menggunakan model
PBM dengan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan
konvensional. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung sebesar 4,64 dengan nilai
ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,645, harga thitung lebih besar dari ttabel
sehingga H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:22 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10188 |