Meningkatan Kemampuan Rias Wajah Panggung bagi Anak Tunarungu Melalui Metoda Demonstrasi di SMKLB Manggis Ganting Bukittinggi

Lusida, Yatri (2012) Meningkatan Kemampuan Rias Wajah Panggung bagi Anak Tunarungu Melalui Metoda Demonstrasi di SMKLB Manggis Ganting Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_YATRI_LISIDA_93482_310_2012.pdf] Text
B1_2_YATRI_LISIDA_93482_310_2012.pdf

Download (573kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SMKLB Manggis Ganting Bukittinggi ditemukan seorang anak tunarungu yang berbakat dalam fashion show namun kurang mampu menata rias wajah untuk tampil di panggung. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa kemampuan rias wajah panggung anak tunarungu dapat meningkat melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah single subject research dengan desain A-B, yaitu desain penelitian yang membandingkan kemampuan rias wajah panggung pada kondisi baseline dan kondisi intervensi. Prosedur perekaman data dengan cara pengamatan secara langsung terhadap kemampuan merias wajah panggung pada anak X. Data direkam melalui prosedur event recording yaitu member tanda ceklist pada sejumlah tahapan yang dapat dilakukan oleh anak. Jenis target behaviornya adalah persentase. Teknik analisis yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk visual analysis of grafik. Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline sebanyak lima kali dan kondisi intervensi sebanyak sepuluh kali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan merias wajah panggung pada anak X, dari kondisi awal anak mampu merias wajah panggung dengan persentase 33,3% dan pada kondisi akhir anak setelah diberikan intervensi anak mampu dengan merias wajah panggung dengan persentase 88,9%. Dengan demikian kemampuan anak merias wajah panggung meningkat sebanyak 55,6%. Hal ini terbukti dari analisis dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat secara positif (+), serta overlap pada analisis data 0%. Disarankan pada guru anak tunarungu, dalam tata rias khususnya tat arias panggung agar menggunakan metoda demonstrasi agar mendapat hasil lebih baik karena anak tunarungu merupakan anak insane pemata.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Rias Wajah Panggung, Anak Tunarungu, Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 06 May 2025 05:15
Last Modified: 06 May 2025 05:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10130

Actions (login required)

View Item
View Item