Islami, Satrio (2019) Pengaruh Motivasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Hotel Pangeran Beach Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_SATRIO_ISLAMI_15135088_5267_2019.pdf [thumbnail of B1_04_SATRIO_ISLAMI_15135088_5267_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_SATRIO_ISLAMI_15135088_5267_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengalaman lapangan industri di Hotel Pangeran Beach Padang, penulis menemukan permasalahan, Terdapat karyawan melanggar SOP yang berlaku, Belum ada promosi jabatan, sehingga mengakibatkan tidak jelasannya jenjang karir karyawan, oleh sebab itu karyawan memutuskan untuk resign dari hotel. Kurangnya pengawasan dari atasan yang membuat karyawan banyak keluar hotel pada saat jam kerja dan karyawan sering datang terlambat. Bulum ada penghargaan yang diberikan pihak hotel kepada karyawan berprestasi. Tidak ada pelatihan bagi karyawan sehingga karyawan tidak dapat mengeluarkan ide mereka dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Hotel Pangeran Beach Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assossiatif kausal yang bertujuan untuk melihat Pengaruh Motivasi(X) Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Y) di Hotel Pangeran Beach Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang berjumlah 143 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik Non probability sampling menggunakan metode sampel jenuh, dengan jumlah 74 orang , selain dari head of department, general manager, responden kuesioner mini dan responden uji coba penelitian. Teknik analisis data menggunakan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Motivasi berada pada kategori baik (68,92%), (2) Kepuasan Kerja Karyawan berada pada kategori baik (67,57%) (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F 13.461 dengan sig. 0,000 < 0,05, maka variabel Motivsi dapat menjelaskan variabel kepuasan kerja karyawan secara signifikan, dengan nilai R Square sebesar 0,158. Artinya motivasi mempengaruhi kepusan kerja karyawan sebesar 15,8% dan 84,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya diperoleh t 3.669 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, maka terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel. Kemudian diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,604 dengan nilai pada sig. 0,000 < 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan motivasi akan meningkatkan 0,604 satuan kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan agar pihak hotel lebih memaksimalkan motivasi kepada karyawan dalam mempertahankan kepuasan kerja pada karyawan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Kepuasan Kerja, Karyawan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 06 May 2025 04:41 |
Last Modified: | 06 May 2025 04:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10072 |