Oktaviani, Wiwid (2016) Korelasi Hasil Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Pendidikan dengan Penulisan Proposal Penelitian Pendidikan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_WIWID_OKTAVIANI_1106548_1398_2016.pdf [thumbnail of B1_2_WIWID_OKTAVIANI_1106548_1398_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_WIWID_OKTAVIANI_1106548_1398_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada mahasiswa Jurusan Sejarah FIS UNP yang telah mengikuti perkuliahan Metode Penelitian Pendidikan yaitu kurang konsistennya antara perolehan hasil belajar Metode Penelitian Pendidikan dengan keterampilan mereka dalam menulis proposal, padahal pengajaran metode penelitian pendidikan ini mampu memberikan pengetahuan tentang sistematika dalam menulis proposal. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan hasil belajar Metode Penelitian Pendidikan dengan penulisan proposal penelitian pendidikan mahasiswa Jurusan Sejarah FIS UNP. Jenis penelitian ini ex post facto dengan analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sejarah angkatan 2011 yang berjumlah 23 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling. Data hasil belajar Metode Penelitian Pendidikan diperoleh dari skor nilai hasil belajar mata kuliah metode penelitian pendidikan dan data penulisan proposal penelitian pendidikan diperoleh dari penyebaran angket. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung 0,0112 < r tabel 0,413. Hal ini berarti secara umum tidak terdapat hubungan antara hasil belajar Metode Penelitian Pendidikan dengan penulisan proposal penelitian pendidikan mahasiswa Jurusan Sejarah FIS UNP. Selain itu, dari hasil uji hipotesis per indikator antara hasil belajar metode penelitian pendidikan dengan tiga indikator penulisan proposal penelitian pendidikan juga diperoleh hasil bahwa tidak ada korelasi. Ketiga indikator penulisan proposal penelitian pendidikan yaitu indikator pendahuluan, indikator kajian teori, dan indikator metode penelitian, diperoleh hasil r hitung < r tabel. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara hasil belajar Metode Penelitian Pendidikan dengan penulisan proposal penelitian pendidikan mahasiswa Jurusan Sejarah FIS UNP. Baiknya keterampilan mahasiswa dalam menulis proposal penelitian pendidikan dipengaruhi oleh faktor motivasi dari dalam diri mahasiswa itu sendiri dan kesiapan belajarnya. Berdasarkan kesimpulan, disarankan kepada mahasiswa agar lebih meningkatkan lagi motivasi dalam mengerjakan sesuatu, apalagi dalam membuat proposal penelitian yang nantinya akan berlanjut pada skripsi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Penelitian Pendidikan, Proposal Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 05 May 2025 07:16 |
Last Modified: | 05 May 2025 07:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10043 |