Teaching Preposition Through Picture Dictation to the First Grade Students of SMK

Marwah, Marwah (2011) Teaching Preposition Through Picture Dictation to the First Grade Students of SMK. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_MARWAH_77065_2747_2011.pdf] Text
B1_MARWAH_77065_2747_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam makalah ini penulis membahas sebuah teknik pengajaran preposition melalui “picture dictation” atau pendiktean gambar yang bertujuan untuk membuat proses belajar mengajar lebih menarik dan lebih mudah dipahami oleh siswa, terutama pada siswa kelas I SMK. Didalam teknik ini ada tiga tahap pengajaran yang digunakan yaitu tahap awal atau yang disebut dengan PreTeaching Activity, tahap kedua yang disebut dengan Whilst-Teaching Activity, dan tahap terakhir disebut dengan Post-Teaching Activity. Pada tahap awal guru menceritakan tentang suatu cerita dan kemudian melontarkan beberapa pertanyaan pada siswa tentang cerita yang diceritakan. Kemudian guru memperlihatkan suatu gambar yang sesuai dengan cerita tersebut kepada siswa. Pada kegiatan kedua guru menjelaskan materi pelajaran (prepositions) dengan meggunakan gambar sebagai media. Pada tahap ketiga guru memberikan tugas kelompok dimana masing-masing kelompok terdiri dari dua org. Pada tahap terakhir ini guru juga memberikan tugas individu pada siswa dengan menggunakan pendiktean gambar. Teknik pengajaran prepositions dengan menggunakan picture dictation memiliki beberapa kelebihan, yaitu:1) siswa akan lebih mudah memahami materi (prepositions) yang dipelajari karena teknik ini menggunakan gambar sebagai media. 2) siswa akan lebih aktif di dalam kelas karena mereka akan melakukan beberapa kegiatan seperti berbicara dan mendegarkan. 3) guru akan lebih mudah memeriksa kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan dengan melihat kesesuaian gambar dengan teks (yang dinilai bukan keindahan gambar, melainkan kesesuaian letak suatu benda yang ada di dalam gambar dengan teks).

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Teknik pengajaran prepositions, Picture dictation (pendiktean gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 29 Apr 2025 09:27
Last Modified: 29 Apr 2025 09:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9082

Actions (login required)

View Item
View Item