Model Pelatihan Soft Skills bagi Perawat dalam Pengelolaan Stres pada Pasien di Rumah Sakit

Destri, Nentien (2017) Model Pelatihan Soft Skills bagi Perawat dalam Pengelolaan Stres pada Pasien di Rumah Sakit. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_NENTIEN_DESTRI_1104251_2680_2017.pdf] Text
B1_08_NENTIEN_DESTRI_1104251_2680_2017.pdf

Download (609kB)

Abstract

Penelitian dilakukan karena selama ini perawat belum sepenuhnya
menerapkan unsur-unsur soft skills dalam melaksanakan asuhan keperawatan,
khususnya dalam pengelolaan stres pada pasien di rumah sakit. Mengatasi hal
tersebut, dikembangkan model Pelatihan Soft Skills bagi perawat dalam rangka
upaya meningkatkan kompetensi secara intrapersonal dan interpersonal dalam
pengelolaan stres pada pasien.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan
yang digunakan merupakan model yang disampaikan oleh Sugiyono (2010) yang
terdiri dari tahapan deskripsi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain model,
Focus Group Discussion (FGD), revisi desain model, validasi model, revisi model,
ujicoba model, revisi model dan model yang dihasilkan. Pengumpulan data
dilakukan melalui diskusi, observassi, wawancara, lembar angket dan tes belajar.
Dnsial.ata yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik
inferensial.
Hasil penelitian berdasarkan tahapan proses pengembangan pada
pelaksanaan uji coba produk kepada perawat sebanyak 14 orang, ditemukan bahwa
produk penelitian sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan dan
diterapkan di rumah sakit. Melalui beberapa revisi dengan promotor, produk
penelitian berupa pengembangan model pelatihan. Model yang dihasilkan berupa
Buku 1 sebagai panduan model, Buku 2 tentang panduan fasilitator, dan Buku 3
digunakan sebagai panduan oleh peserta pelatihan. Bahan yang dinilai valid oleh
validator ahli adalah model pelatihan soft skill dalam pengelolaan stres. Sehingga
model pelatihan soft skills bagi perawat dalam pengelolaan stres pada pasien layak
digunakan setelah dinilai valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Soft Skills Pengelolaan Stres
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:37
Last Modified: 25 Apr 2025 02:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7982

Actions (login required)

View Item
View Item