Monia, Fenny Ayu (2016) Komparasi Kinerja Guru Sertifikasi Ditinjau Dari Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Pada SMA Negeri di Kabupaten Kampar (Studi Komparatif pada SMA Negeri Akreditasi A dan B). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![b1_1_FENNY_AYU_MONIA_14147004_6151_2016.pdf [thumbnail of b1_1_FENNY_AYU_MONIA_14147004_6151_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
b1_1_FENNY_AYU_MONIA_14147004_6151_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan penelitian awal yang penulis lakukan terkesan bahwa sudah
ada upaya pemerintah untuk meningkatkan kulitas pendidikan yakni melalui
kegiatan sertifikasi dan program akreditasi sekolah. Namun belum diketahui
pengaruhnya terhadap kinerja, kompetensi pedagogik maupun motivasi kerja
guru. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja guru pada sekolah
akreditasi A dan B yang ditinjau dari aspek kompetensi pedagogik dan motivasi
kerjanya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) tedapat
perbedaan kinerja guru sekolah akreditasi A dan B dari aspek kompetensi
pedagogik, (2) terdapat perbedaan kinerja guru sekolah akreditasi A dan B dari
aspek motivasi kerja , (3) terdapat perbedaan kompetensi pedagogik dan motivasi
kerja guru dalam peningkatan kinerja guru pada sekolah akreditasi A dan B.
Populasi penelitian ini adalah seluru guru-guru SMA Negeri yang sudah
sertifikasi di Kabupaten Kampar yang berjumlah 239 orang, dan dari populasi ini
terpilih 89 orang sebagai sampel penelitian dengan menggunakan Stratied
Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan dengan angket yang telah
diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji t dengan
bantuan program SPSS (Statistical Program for Social Sciences) Versi 17.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan kinerja antara
guru sekolah akreditasi A dengan guru sekolah akreditasi B dalam hal kompetensi
pedagogik, dimana kompetensi pedagogik guru sekolah akreditasi A lebih baik
dari guru sekolah akreditasi B, (2) terdapat perbdaan kinerja antara guru sekolah
akreditasi A dengan sekolah akreditasi B dalam hal motivasi kerja, dimana
motivasi kerja guru sekolah akreditasi A lebih baik dari motivasi kerja guru
sekolah akreditasi B, (3) terdapat perbedaan kinerja antara guru sekolah akreditasi
A dengan guru sekolah akreditasi B dalam aspek kompetensi pedagogik dan
motivasi kerja guru. Dimana kompetensi pedagogik dan motivasi kerja guru
antara guru sekolah akreditasi A lebih baik dibanding dengan guru sekolah
akreditasi B.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:10 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6506 |