Yolanda, Yona (2019) Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Komunikasi Interpersonal Siswa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_YONA_YOLANDA_17124070_4027_2019.pdf [thumbnail of B1_01_YONA_YOLANDA_17124070_4027_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_YONA_YOLANDA_17124070_4027_2019.pdf
Download (252kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya timbul masalah
komunikasi interpersonal siswa ditingkat sekolah dasar,masalah yang
muncul ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satu yang paling
dominan diduga faktor berbagai bentuk pola asuh yang diberikan orang tua
pada anak dirumah. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan komunikasi
interpersonal siswa sekolah dasar Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriptif Korelasional. Subjek adalah siswa kelas IV dan V SDN 15 Ulu
Gadut Kota Padang.Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup
tentang pola asuh orang tua dan angket komunikasi interpersonal siswa
yang disusun berdasarkan model skala likert.
Hasil dari penelitian menggambarkan bahwa pola asuh yang
diberikan orang tua pada anak kelas IV dan V SDN 15 Ulu Gadut Kota
Padang tergolong baik dan gambaran komunikasi interpersonal siswa
termasuk pada kategori baik namun masih jauh dari yang diharapkan,
dapat disimpulkan terdapat hubungan/korelasi positif (r=0.986) antara pola
asuh yang diberikan orang tua dengan komunikasi interpersonal siswa
sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POLA ASUH, KOMUNIKASI INTERPERSONAL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 02:25 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 02:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4814 |