%K Hubungan, Berpikir Kreatif, Hasil Belajar %T Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Hasil Belajar IPA Biologi untuk Siswa Kelas VII SMPN 32 Padang %A Shafuro Mutsaqofah %X Berpikir merupakan salah satu hal yang memperngaruhi hasil belajar siswa. Upaya pengembangan berpikir kreatif di sekolah-sekolah di Indonesia masih jarang dilakukan, padahal keterampilan berpikir kreatif sangat besar manfaatnya dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kreatif siswa dengan hasil belajar IPA biologi siswa kelas kelas VII SMPN 32 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sample penelitian berjumlah 63 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan 30 butir pernyataan. Hasil analisis korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar biologi pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII SMPN 32 Padang adalah 0,22 dan tergolong agak rendah. Koefisien determinasi sebesar 4,84% artinya kemampuan berpikiran kreatif memberikan kontribusi sebesar 4,84% terhadap hasil belajar. Dari uji t, diperoleh (t hitung = 1,76 > t tabel = 1,67) maka Ho ditolak, artinya ada hubungan yang berarti antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar biologi pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII SMPN 32 Padang. %I Universitas Negeri Padang %L repounp7285 %D 2019