%0 Thesis %9 Masters/Tesis %A Susanti, Nora %A Sekolah Pascasarjana, %B Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana UNP %D 2012 %F repounp:6646 %I Universitas Negeri Padang %T Peningkatan Keterampilan Menulis Dekripsi dengan Teknik Observasi Langsung di Kelas III SDN 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6646/ %X Masalah penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan teknik observasi langsung pada tahap prapenulisan, tahap saat penulisan, tahap revisi, tahap edit, dan tahap publikasi di Kelas III SDN 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, berupa Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 22 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi dan tes unjuk kerja siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan menulis deskripsi dengan menggunakan teknik observasi langsung. Teknik obsevasi langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari pelaksanaan siklus I sampai dengan siklus II. Setiap penerapan terdapat perbedaan tindakan dan terjadi peningkatan. Perbedaan yang dimaksud adalah perlakuan yang diberikan, cara penyampaian materi pembelajaran, dan penggunaan alat dan media pembelajaran. Keterampilan siswa pada tahap prapenulisan, penulisan, perbaikan, pengeditan, dan publikasi mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi memiliki rata-rata klasikal 67,45% siklus I dan 84,90% siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I ada 17 orang siswa yang tuntas secara ideal dengan persentase 77,27%, dan pada siklus II seluruh siswa tuntas dengan persentase 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dalam keterampilan menulis deskripsi. Siswa mencapai tingkat ideal pada pelaksanaan siklus II, yaitu 84,90%. Berdasarkan lembaran observasi dan hasil tes, dapat disimpulkan bahwa teknik observasi langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SD Negeri 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kebupaten Agam setelah mencapai tingkat ideal pada siklus II.