%0 Thesis
%9 Masters/Tesis
%A Susanti, Nora
%A Sekolah Pascasarjana,
%B Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana UNP
%D 2012
%F repounp:6646
%I Universitas Negeri Padang
%T Peningkatan Keterampilan Menulis Dekripsi dengan Teknik  Observasi Langsung di Kelas III SDN 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung  Kabupaten Agam
%U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6646/
%X Masalah penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan  menulis deskripsi dengan menggunakan teknik observasi langsung pada tahap  prapenulisan, tahap saat penulisan, tahap revisi, tahap edit, dan tahap publikasi di Kelas  III SDN 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, berupa Penelitian Tindakan  Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 22 orang.  Data dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi dan tes unjuk kerja siswa,  serta dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan menulis deskripsi  dengan menggunakan teknik observasi langsung. Teknik obsevasi langsung dapat  meningkatkan hasil belajar siswa dari pelaksanaan siklus I sampai dengan siklus II.  Setiap penerapan terdapat perbedaan tindakan dan terjadi peningkatan. Perbedaan yang  dimaksud adalah perlakuan yang diberikan, cara penyampaian materi pembelajaran, dan  penggunaan alat dan media pembelajaran. Keterampilan siswa pada tahap prapenulisan,  penulisan, perbaikan, pengeditan, dan publikasi mengalami peningkatan dari siklus I  sampai dengan siklus II. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi memiliki rata-rata  klasikal 67,45% siklus I dan 84,90% siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I ada 17  orang siswa yang tuntas secara ideal dengan persentase 77,27%, dan pada siklus II  seluruh siswa tuntas dengan persentase 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan  bahwa terjadi peningkatan dalam keterampilan menulis deskripsi. Siswa mencapai  tingkat ideal pada pelaksanaan siklus II, yaitu 84,90%.  Berdasarkan lembaran observasi dan hasil tes, dapat disimpulkan bahwa teknik  observasi langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III  SD Negeri 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kebupaten Agam setelah  mencapai tingkat ideal pada siklus II.