%T Peningkatan Hasil Belajar Menulis dengan Menggunakan Pendekatan Proses di Kelas III SD Negeri 11 Tanjung Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar %A Abdeyeni Suhasti %X Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai setiap orang. Menulis pada umumnya adalah suatu kegiatan penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa tulis. Untuk menulis sebuah tulisan, diperlukan berbagai pengetahuan, baik berkaitan dengan isi, maupun berkaitan dengan tekhnik atau cara. Berdasarkan prasurvey dan pengalaman sebagai guru ditemukan bahwa kemampuan menulis siswa kelas III SDN 11 Tanjung Pandai Sikek tergolong rendah. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan huruf kapital, tanda baca, ejaan, menemukan gagasan dan penyusunan kalimat. Sehingga perlu suatu strategi untuk membantu siswa. Penggunaan Pendekatan Proses sangat membantu siswa dalam kegiatan menulis. Dengan menerapkan Pendekatan Proses dapat membuat aktifitas berfikir siswa terarah dengan baik Penelitian ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas III SD Negeri 11 Tanjung Pandai Sikek dengan menggunakan Pendekatan Proses. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian adalah Siswa kelas III SD Negeri 11 Tanjung yang berjumlah 20 orang. Ada dua jenis data dalam penelitian ini, yaitu data kemampuan siswa dalam menulis dan data pengamatan aktifitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung dengan Pendekatan Proses Penelitian ini mengungkapkan Pendekatan Proses dapat membantu siswa dalam menyampaikan pesan. Siswa antusias dan termotivasi dalam belajar sehingga kemampuan menulis siswa meningkat. Berdasarkan tindakan pembelajaran yang dilakukan ditemukan peningkatan kemampuan menulis pada tahap pramenulis berada pada kualifikasi baik, pada saatmenulis keberhasilan pada kualifikasi baik, begitu juga dengan pascamenulis keberhasilan tindakan berada pada kualifikasi baik. Siswa yang selama ini kesulitan dalam kegiatan menulis ternyata dapat melakukan kegiatan menulis dengan baik. Guru yang mengalami kesulitan seperti yang peneliti hadapi, dapat mencobakan menyelesaikan masalah tersebut dengan Pendekatan Proses dalam pembelajaran. %I Universitas Negeri Padang %L repounp5257 %D 2011