%T Peningkatan Hasil Belajar Menulis dengan Menggunakan Pendekatan Proses di Kelas III SD Negeri 11 Tanjung Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar
%A Abdeyeni Suhasti
%X Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai 
setiap orang. Menulis pada umumnya adalah suatu kegiatan penyampaian pesan 
dengan menggunakan bahasa tulis. Untuk menulis sebuah tulisan, diperlukan 
berbagai pengetahuan, baik berkaitan dengan isi, maupun berkaitan dengan 
tekhnik atau cara. Berdasarkan prasurvey dan pengalaman sebagai guru 
ditemukan bahwa kemampuan menulis siswa kelas III SDN 11 Tanjung Pandai 
Sikek tergolong rendah. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam 
menggunakan huruf kapital, tanda baca, ejaan, menemukan gagasan dan 
penyusunan kalimat. Sehingga perlu suatu strategi untuk membantu siswa. 
Penggunaan Pendekatan Proses sangat membantu siswa dalam kegiatan menulis. 
Dengan menerapkan Pendekatan Proses dapat membuat aktifitas berfikir siswa 
terarah dengan baik
Penelitian ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kemampuan menulis 
siswa kelas III SD Negeri 11 Tanjung Pandai Sikek dengan menggunakan 
Pendekatan Proses. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek 
Penelitian adalah Siswa kelas III SD Negeri 11 Tanjung yang berjumlah 20 orang. 
Ada dua jenis data dalam penelitian ini, yaitu data kemampuan siswa dalam 
menulis dan data pengamatan aktifitas siswa dan guru selama proses pembelajaran 
berlangsung dengan Pendekatan Proses
Penelitian ini mengungkapkan Pendekatan Proses dapat membantu siswa 
dalam menyampaikan pesan. Siswa antusias dan termotivasi dalam belajar 
sehingga kemampuan menulis siswa meningkat. Berdasarkan tindakan 
pembelajaran yang dilakukan ditemukan peningkatan kemampuan menulis pada 
tahap pramenulis berada pada kualifikasi baik, pada saatmenulis keberhasilan 
pada kualifikasi baik, begitu juga dengan pascamenulis keberhasilan tindakan 
berada pada kualifikasi baik. Siswa yang selama ini kesulitan dalam kegiatan 
menulis ternyata dapat melakukan kegiatan menulis dengan baik. Guru yang 
mengalami kesulitan seperti yang peneliti hadapi, dapat mencobakan 
menyelesaikan masalah tersebut dengan Pendekatan Proses dalam pembelajaran.
%I Universitas Negeri Padang
%L repounp5257
%D 2011