relation: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14623/ title: Pengaruh Catatan Tulis Susun dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung creator: Mardani, Rusi subject: QH301 Biology description: Salah satu tantangan yang dihadapi guru dalam meningkatkan sumber daya manusia adalah rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya nilai ujian Mid semester I kelas VIII dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran, guru kurang memberikan pertanyaan-pertanyan kepada siswa,dan siswa tidak diberi kesempatan untuk membuat catatan sendiri. Sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan kurang menarik. Penerapan catatan tulis susun dalam model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Biologi. Dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh catatan tulis susun dalam model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 2X11 Enam Lingkung. Pengambilam sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan terpilih kelas VIII 10 sebagai kelas kontrol dan kelas VII 9 sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif sebanyak 40 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan kriteria t hitung > ttabel, maka hipotesis diterima dan sebaliknya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 80.98 lebih tinggi secara nyata (P<0,05) dibandingkan nilai kelas kontrol 64.22. Bila dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,68 dan thitung 4.618 maka thitung > t tabelDengan demikian, hipotesis yang dikemukakan dapat diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan catatan tulis susun dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh positif pada taraf signifikan 0.05 terhadap hasil belajar biologi siswa di SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung. date: 2012-02-03 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14623/1/B1_4_RUSI_MARDANI_86214_886_2012.pdf identifier: Mardani, Rusi (2012) Pengaruh Catatan Tulis Susun dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.