relation: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14617/ title: Efektifitas Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalam Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang dan Optik Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta didik Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. creator: Rahmayuni, Elsa subject: LC Special aspects of education subject: LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education subject: QC Physics description: Pencapaian kompetensi peserta didik dalam pembelajaran fisika masihtergolong rendah. Hasil penyebaran angket di SMA Pembangunan LaboratoriumUNP menunjukkan bahan ajar dan pendekatan pembelajaran yang digunakandalam proses pembelajaran kurang bervariasi, sehingga tidak mampumemberikan pencapaian kompetensi yang memadai bagi peserta didik. Bahanajar yang digunakan dalam penelitian adalah bahan ajar interaktif bermuatan nilaikarakter dalam pendekatan saintifik yang dikembangkan oleh Haflianita Hasanah(2018) yang telah teruji valid dan praktis. Sedangkan untuk efektivitas bahan ajarbelum dilakukan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti efektivitasBahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalam Pendekatan Saintifik padaMateri Gelombang dan Optik Terhadap Peningkatan Kompetensi Peserta didikKelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP.Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental Designsdengan One- Group Pretest-postest. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XIMIA 2 dengan jumlah peserta didik 30 orang, yang diambil dengan teknikpurposive sampling. Alat pengumpul data berupa tes tertulis pre-test dan posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap,rubrik penskoran untuk kompetensi keterampilan. Analisis uji efektivitasdilakukan dengan menggunakan uji t berkorelasi.Setelah dilakukan penelitian dan dilanjutkan dengan menganalisis data,dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalamPendekatan Saintifik pada Materi Gelombang dan Optik efektif digunakan dalampembelajaran pada taraf nyata 0,05 yang dapat dilihat dari peningkatankompetensi belajar peserta didik pada aspek pengetahuan pada saat sesudahmenggunakan Bahan Ajar Interaktif. Hasil efektifitas berdasarkan nilai thitung yangdidapatkan lebih kecil dari nilai ttabel. Nilai t yang diperoleh adalah -31,12sedangkan nilai -ttabel adalah sebesar -1,701. date: 2019 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14617/1/B1_5_ELSA_RAHMAYUNI_15033104_3119_2019.pdf identifier: Rahmayuni, Elsa (2019) Efektifitas Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalam Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang dan Optik Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta didik Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.