@phdthesis{repounp14553, title = {Pengaruh Tes sisipan dalam Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Kelas XI SMA N 7 Padang.}, school = {Universitas Negeri Padang}, year = {2014}, author = {Marlina, Eli}, keywords = {PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION, HASIL BELAJAR}, abstract = {Penelitian ini berawal dari kenyataan pembelajaran fisika di sekolah, dimanasiswa belum memiliki keterampilan dalam pemecahan masalah. Siswa terlihatbingung apabila dihadapkan dengan suatu masalah, baik secara individu maupunberkelompok. Akibatnya pembelajaran menjadi tidak maksimal dan hal tersebutberdampak terhadap hasil belajar siswa. Hal ini memerlukan penerapan pembelajaranyang mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah, yaitupembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Tes sisipan dalam pembelajaranProblem Based Instruction (PBI) dapat digunakan untuk menjawab harapanharapan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapantes sisipan dalam pembelajaran PBI terhadap hasil belajar fisika di kelas XI-IPASMA N 7 Padang.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu "(QuasiExperiment Research)" dengan rancangan "Randomized Control Group OnlyDesign". Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI-IPA SMA N 7 Padang yangterdaftar pada Tahun Ajaran 2013/2014 terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampeldilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI-IPA 2sebagai kelas kontrol dan kelas XI-IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Data penelitianmeliputi hasil belajar dari tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, format observasi ranah afektif danlembaran penilaian psikomotor. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakanuji kesamaan dua rata-rata dengan taraf nyata 5Uji hipotesis tentang kesamaan dua rata-rata dilakukan dengan statistik uji t.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung {\ensuremath{>}} ttabel baik untuk aspek kognitif,afektif, maupun psikomotor. Ini menunjukkan hipotesis kerja penelitian ini diterimayang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kelas eksperimen dankontrol pada ketiga ranah. Kenyataan ini diyakini adalah akibat pengaruh penggunaantes sisipan dalam pembelajaran PBI.}, url = {https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14553/} }