@phdthesis{repounp14551, title = {Studi tentang Latar Belakang Siswa yang Berhasil Secara Akademik di SMA N 1 Baso.}, school = {Universitas Negeri Padang}, year = {2012}, author = {Rahayu, Elhafizi}, keywords = {SISWA, AKADEMIK, HASIL BELAJAR SISWA}, abstract = {Siswa sebagai individu yang melakukan kegiatan belajar, pada umumnya akanmengalami keberhasilan atau kegagalan dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Dalamhal ini, keberhasilan dan kegagalan siswa dalam mengikuti pelajaran di sekolahdipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Kenyataan dilapangan dalam satu kelas yang terdiri dari 30 orang siswa ditemukan siswa yangberada pada peringkat pertama sampai peringkat terakhir (peringkat 30), sedangkan disekolah mereka sama-sama mendapatkan pelajaran dari guru dan sama-samamemanfaatkan fasilitas belajar yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan faktor-faktor yang melatar belakangi siswa yang berhasil secaraakademik yang dalam hal ini siswa yang berada pada peringkat satu sampai tiga (1-3) diSMA N 1 Baso.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menggambarkantentang latar belakang keberhasilan siswa secara akademik di SMA N 1 Baso. Subjekpenelitian disini adalah tiga orang siswa yang mendapat rangking selama kelas X. Jenisdata yaitu data primer yang diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi darisubjek penelitian dan data skunder yang diperoleh melalui aplikasi instrumentasi.Kemudian uji keabsahan data dilakukan melalui teknik trianggulasi sumber. Data yangdiperoleh selama penelitian berlangsung dianalisis dengan langkah-langkah yaknireduksi data, display data/penyajian data, dan mengambil kesimpulan lalu dituangkandalam bentuk paragraf narasi.Temuan penelitian menunjukkan bahwa dari tiga orang subjek, konsidi fisik dankesehatan siswa yang berhasil dalam belajar tidak mengalami gangguan kesehatanmaupun pancaindra. Kemampuan dasar (intelegensi) siswa yang berhasil dalam belajarberada pada berada diatas rata-rata dan kemampuan khusus (bakat) siswa yang berhasildalam belajar berbeda-beda sesuai dengan bidang mereka masing-masing. Motivasisiswa yang berhasil dalam belajar dapat dilihat dari ketiga subjek mereka memilikimotivasi intrinsik dan ekstrinsik, namun yang lebih dominan dari ketiga subjek yaknimotivasi intrinsik. Aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa yang berhasil dalambelajar cendrung baik aktivitas belajar di sekolah maupun di rumah. Hubungan sosialsiswa yang berhasil dalam belajar dengan teman satu kelas cendrung tidak baiksedangkan hubungan sosial siswa yang berhasil dalam belajar dengan guru cendrungbaik. Tingkat pendidikan orangtua siswa yang berhasil dalam belajar berkisar daritamatan SD-SMA, sedangkan pekerjaan orangtua berariasi. Keadaan ekonomi keluargasiswa yang berhasil dalam belajar cendrung berpendapatan rata-rata. Perhatian orangtuasiswa yang berhasil dalam belajar cendrung baik. Peranan guru bagi siswa yang berhasildalam belajar sebagai pembimbing, motivator, informator, mediator, evaluator daninisiator. Fasilitas belajar di sekolah siswa yang berhasil dalam belajar cukup memadaidan fasilitas belajar di rumah sebagian besar kurang memadai.}, url = {https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14551/} }