%A Elfi Yulianti Af %T Upaya Guru BK Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa di SMP N 3 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. %D 2012 %X Tugas guru BK memberikan pelayanan yang memungkinkan siswaberkembang secara optimal. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan olehguru BK di sekolah adalah membimbing siswa untuk meningkatkan keterampilanbelajar, Namun situasi yang ditemui dilapangan adalah masih banyak siswa yangmengalami gejala kesulitan belajar seperti hasil belajar rendah,kesulitan mengaturwaktu belajar,kurang terampil dalam mencatat, menunda dalam pengerjakantugas-tugas sekolah, tidak mengumpulkan tugas tepat pada waktunya, tidakmempersiapkan diri dalam mengikuti ujian. Tujuan dari penelitian ini adalahmendeskripsikan upaya guru BK meningkatkan keterampilan belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalahsiswa SMP N 3 Sungai Limau kelas VII dan VIII sebanyak 309 orang siswa yangterdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian sebanyak 76 orangsiswa. Teknik pengambilan sampel yaitu Stratified Random Sampling, instrumenpenelitian yaitu angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Upaya guru BKmeningkatkan keterampilan belajar siswa dalam mengatur waktu belajar tergolongpada kategori cukup baik. (2) Upaya guru BK meningkatkan keterampilan belajarsiswa dalam mengikuti pelajaran di kelas tergolong pada kategori cukup baik. (3)Upaya guru BK meningkatkan keterampilan belajar siswa dalam mencatattergolong pada kategori cukup baik. (4) Upaya guru BK meningkatkanketerampilan belajar siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah tergolongpada kategori cukup baik. (5) Upaya guru BK meningkatkan keterampilan belajarsiswa dalam persiapan mengikuti ujian tergolong pada kategori baik.Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan kepada (1) guru BK agarterus-menerus meningkatkan keterampilan belajar siswa dalam keterampilanmengatur waktu belajar, keterampilan mengikuti pelajaran di kelas, keterampilandalam mencatat, menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan persiapan mengikutiujian. Sehingga tercapainya hasil belajar yang optimal, (2) guru mata pelajaran,agar dapat menjaga memelihara keterampilan belajar yang sudah baik dan agardapat membantu siswa yang belum memiliki keterampilan belajar yang kurangbaik misalnya dengan mempersiapkan media pembelajaran, memberikanpenghargaan atau pujian atas keberhasilan siswa, tugas-tugas yang diberikan padasiswa seharusnya dikembalikan dan adanya tindaklanjut, serta metode mengajaryang bervariasi. %K GURU BK, KETERAMPILAN BELAJAR SISWA %L repounp14536 %I Universitas Negeri Padang