%A Eka Susanti %T Pengaruh Penggunaan Key Relation Chart (KR- Chart) dalam Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 3 Padang. %D 2015 %X Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi peserta didikyang mencakup kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Salah satu upayatersebut yaitu dengan mendesain pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhanpeserta didik baik dari segi bahan ajar maupun dari metode pembelajaran yangdigunakan. Penggunaan Key Relation Chart (KR-Chart) dalam model pembelajaranGuided Discovery adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam rangkameningkatkan kompetensi peserta didik pada ketiga kompetensi tersebut. Penelitianini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan Key Relation Chart (KR-Chart)dalam model pembelajaran Guided Discovery terhadap pencapaian kompetensi IPApeserta didik kelas VIII di SMP N 3 Padang.Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian eksperimen semu (QuasiExperiment Research) dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP N 3 Padang yang terdaftarpada tahun ajaran 2014/2015 terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukandengan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas VIII.4 sebagai kelaseksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputikompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Instrumen penelitian berupa testertulis untuk kompetensi pengetahuan, rubrik penskoran untuk kompetensiketerampilan dan lembar observasi untuk kompetensi sikap. Data hasil penelitiandianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji chi kuadrat.Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Pada kompetensi pengetahuandiperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 59,09 lebih tinggi dari pada kelaskontrol 42,09, 2) Pada kompetensi keterampilan diperoleh rata-rata hasil belajarkelas eksperimen 78,00 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 72,18. 3) Padakompetensi sikap diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 80,78 lebihtinggi dari pada kelas kontrol 73,63. Melalui uji kesamaan rata-rata (uji-t) dan ujichi kuadarat ternyata perbedaan kompetensi peserta didik kelas eksperimen dankelas kontrol signifikan pada taraf nyata 0,05. Perbedaan yang signifikan ini diyakinisebagai pengaruh perlakuan yang diberikan terhadap kelas eksperimen sehinggadapat dikatakan hipotesis kerja yang berbunyi “terdapat pengaruh yang berartipenggunaan KR-Chart dalam model pembelajaran guided discovery terhadappencapaian kompetensi IPA peserta didik kelas VIII di SMP N 3 Padang diterima. %K KEYRELATION-CHART, MODEL PEMBELAJARAN, KOMPETENSI IPA %L repounp14532 %I Universitas Negeri Padang