relation: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14498/ title: Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Rupa Berorientasi Mind Mapping pada Materi Pokok Seni Rupa untuk Kelas X SMA N 1 Painan creator: Julian, Randi subject: L Education (General) subject: NX Arts in general description: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran seni rupa berorientasi mind mapping yang valid dan praktis. Subjek uji coba pada penelitian ini ada dua yaitu subjek validasi yang terdiri dari 5 orang validator ahli, dan subjek uji coba skala kecil yang terdiri dari 10 orang siswa kelas X SMA N 1Painan. Pengembangan ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefenisian (define), perancangan (desingn), pengembangan( develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan saja karena keterbatasan waktu. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang mendiskripsikan validitas dan praktikalitas modul pembelajaran seni rupa berorientasi mind mapping. Berdasarkan hasil pengolahan data hasil validasi yang diperoleh dari lembar validasi yang diberikan kepada validator yaitu dengan rata-rata 90% yang dinyatakan sangat valid, dan hasil uji praktikalitas yang diberikan kepada siswa dinyatakan sangat valid dengan rata-rata 89,5% . berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan modul pembelajaran seni rupa berorintasi mind mapping telah vald dan praktis. date: 2022-01 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14498/1/B1_5_RANDI_JULIAN_17020128_409_2023.pdf identifier: Julian, Randi (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Rupa Berorientasi Mind Mapping pada Materi Pokok Seni Rupa untuk Kelas X SMA N 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.