%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Lisa, Mona %A FT UNP, %B Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP %D 2014 %F repounp:14491 %I Universitas Negeri Padang %K media flash flipbook, hasil belajar, Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi %T Pengaruh Penggunaan Media Flash Flipbook Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi di SMK Negeri 2 Pariaman %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14491/ %X Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi (MTPGP) di SMK Negeri 2 Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash flipbook dengan penggunaan media power point mata pelajaran Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi siswa kelas X di SMK Negeri 2 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomize Control Group Only Design, dan sampel penelitian yaitu kelas XMM2a sebagai kelas eksperimen dan kelas XMM2b sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan media flash flipbook dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan media power point. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil belajar posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada setiap pertemuannya. Dari nilai rata-rata posttest secara keseluruhan, didapatkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 14.75 dengan persentase pengaruh sebesar 20.60%. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t karena kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis didapatkan bahwa nilai t hitung berada diluar daerah penerimaan Ha. Hal ini berarti penggunaan media flash flipbook dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi siswa kelas X MM2 SMK Negeri 2 Pariaman.