TY - THES M1 - Skripsi AV - public TI - Hubungan Antara Kemampuan Berinteraksi Sosial dengan Hasil Belajar: Studi Terhadap Siswa SMA N 10 Padang A1 - Fernanda, Mistio Mesa N2 - Interaksi sosial merupakan suatu hubungan yang dialami oleh setiap individu, termasuk siswa. Dengan interaksi sosial yang baik, siswa diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Potensi yang berkembang dengan maksimal membuahkan hasil belajar yang memuaskan. Hasil belajar yang baik akan diiringi dengan kemampuan berinteraksi sosial yang baik pula. Kenyataannya masih ditemukan permasalahan interaksi sosial pada siswa, diantaranya mengucapkan perkataan yang kurang sopan terhadap guru atau teman, dikucilkan teman, ekspresi dan gerak-gerik tubuh tidak menyenangkan, serta sulit membuka diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kemampuan berinteraksi sosial, hasil belajar dan menguji hubungan antara kemampuan berinteraksi sosial dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang berjumlah 508 orang dan jumlah sampel sebanyak 84 orang yang diambil dengan penggunaan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari 1 (satu) angket yaitu angket kemampuan berinteraksi sosial dan untuk pengukuran hasil belajar digunakan nilai laporan hasil belajar semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution (SPSS) versi 15.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) kemampuan berinteraksi sosial siswa SMA Negeri 10 Padang tergolong pada kategori sangat baik (2) hasil belajar siswa SMA Negeri 10 Padang termasuk ke dalam kategori baik (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berinteraksi sosial dengan hasil belajar pada ? = 0,01 dengan r hitung = 0,619. Artinya terdapat hubungan yang cukup kuat antara kemampuan berinteraksi sosial siswa SMA N 10 Padang dengan hasil belajar yang mereka peroleh . Berdasarkan hasil temuan disarankan kepada siswa, agar dapat mengembangkan kemampuan berinteraksi sosialnya melalui kegiatan-kegiatan kelompok yang diadakan di sekolah. Bagi guru BK/Konselor, agar dapat memprogramkan pengembangan kemampuan berinteraksi sosial bagi siswa. UR - https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14476/ ID - repounp14476 PB - Universitas Negeri Padang Y1 - 2012/01// ER -