%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Lestari, Gadis %A FBS UNP, %B Pendidikan Seni Rupa FBS UNP %D 2021 %F repounp:14397 %I Universitas Negeri Padang %K ANALISIS PEMBELAJARAN DARING %T Analisis Pembelajaran Daring pada Materi Seni Rupa Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14397/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran daring dan menganalisis efektifitas pembelajaran daring siswa kelas VIII SMP N 24 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah data collection, display data, data reduction dan conclusions/verifying. Hasil penelitian ini adalah 1) proses pembelajaran daring yang diawali dengan mengambil absen secara umum masih kurang efektif, sebab guru hanya menyajikan video tanpa ada penjelasan dari guru tersebut. Guru juga memerintah siswa untuk meringkas materi dalam buku catatan dengan menggunakan pedoman buku lembar kerja siswa (LKS), dan buku paket. Setelah itu guru memberikan tugas menggambar ilustrasi kepada siswa tanpa ada penjelasan, sehingga siswa kurang memahami pelajaran tersebut, 2) keefektifitasan dalam pembelajaran daring sesuatu yang harus diperhatikan untuk dapat memaksimalkan hasil belajar siswa. Pada proses pembelajaran daring lebih sulit dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka, karena kalau pembelajaran tatap muka siswa masih kesulitan memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru ditambah lagi dengan pembelajaran daring keefektifan dalam pembelajaran juga ditentukan dari metode yang digunakan oleh guru.