%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Iskandar, Dodo %A Universitas Negeri Padang, %B Pendidikan Seni Rupa FBS UNP %D 2012 %F repounp:14391 %I Universitas Negeri Padang %K STRATEGI PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN NIRMANA %T Persepsi Siswa terhadap Strategi Pembelajaran Nirmana di Kelas X SMK Negeri 4 Padang. %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14391/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap strategipembelajaran nirmana yang akan dipandang dari beberapa sub indikator yaitu: 1)urutan kegiatan pembelajaran, 2) pemilihan metode pembelajaran,3) penggunaanmedia pembelajaran, dan 4) waktu yang digunakan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasidalam penelitian ini berdasarkan jumlah siswa kelas X SMK Negeri 4 Padangyang mempelajari materi pembelajaran nirmana dengan jumlah 226 siswa,kemudian diperoleh sampel sebanyak 56 siswa. Penarikan sampel diambil 25%secara proposional random sampling yang terbagi dalam tujuh kelas denganmenggunakan alat bantu kuesioner (angket) yang disebarkan langsung padasiswa kelas X SMK Negeri 4 Padang. Sedangkan analisis data denganmenggunakan analisis deskriptif melalui tabulasi frekuensi dan persentase.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) persepsi siswa terhadap urutankegiatan pembelajaran sudah baik (74,82%), 2) persepsi siswa dalam memilihmetode pembelajaran sudah baik (65,56%), 3) persepsi siswa dalammenggunakan media pembelajaran sudah baik (62,63%), dan 4) persepsi siswaterhadap penggunaan waktu pembelajaran sudah baik (69,64%). Artinyapersepsi siswa terhadap strategi pembelajaran nirmana di kelas X SMK Negeri 4Padang secara keseluruhan sudah baik.