@phdthesis{repounp14391, title = {Persepsi Siswa terhadap Strategi Pembelajaran Nirmana di Kelas X SMK Negeri 4 Padang.}, school = {Universitas Negeri Padang}, year = {2012}, author = {Iskandar, Dodo}, keywords = {STRATEGI PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN NIRMANA}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap strategipembelajaran nirmana yang akan dipandang dari beberapa sub indikator yaitu: 1)urutan kegiatan pembelajaran, 2) pemilihan metode pembelajaran,3) penggunaanmedia pembelajaran, dan 4) waktu yang digunakan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasidalam penelitian ini berdasarkan jumlah siswa kelas X SMK Negeri 4 Padangyang mempelajari materi pembelajaran nirmana dengan jumlah 226 siswa,kemudian diperoleh sampel sebanyak 56 siswa. Penarikan sampel diambil 25\%secara proposional random sampling yang terbagi dalam tujuh kelas denganmenggunakan alat bantu kuesioner (angket) yang disebarkan langsung padasiswa kelas X SMK Negeri 4 Padang. Sedangkan analisis data denganmenggunakan analisis deskriptif melalui tabulasi frekuensi dan persentase.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) persepsi siswa terhadap urutankegiatan pembelajaran sudah baik (74,82\%), 2) persepsi siswa dalam memilihmetode pembelajaran sudah baik (65,56\%), 3) persepsi siswa dalammenggunakan media pembelajaran sudah baik (62,63\%), dan 4) persepsi siswaterhadap penggunaan waktu pembelajaran sudah baik (69,64\%). Artinyapersepsi siswa terhadap strategi pembelajaran nirmana di kelas X SMK Negeri 4Padang secara keseluruhan sudah baik.}, url = {https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14391/} }