%A Dini Pebriani %T Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Seni Rupa di SMA Negeri 3 Kota Solok. %D 2014 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadappelaksanaan pembelajaran seni rupa di SMA Negeri 3 Kota Solok yang akan dipandang dari beberapa sub indikator yaitu; 1) membuka dan menutup pelajaran, 2)keterampilan bertanya, 3) memberi penguatan (reinforcement), 4) keterampilanvariasi stimulus, 5) keterampilan mengelola kelas.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitianini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Kota Solok yang berjumlah 1102 orang.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 268 orang siswa kelas X, XI dan kelas XIISMA Negeri 3 Kota Solok. Penarikan sampel diambil 5% diambil menggunakanteknik stratified propotional random sampling. Data penelitian terdiri dari dataprimer dan data sekunder. Data primer diambil dari hasil angket tentang persepsisiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran seni rupa.Berdasarkan pengolahan data penelitian di lapangan, diperoleh hasilsebagai berikut; 1) membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan guru sudahcukup baik (76,1%), 2) keterampilan bertanya yang dilakukan guru sudah cukupbaik (69,4%), 3) memberi penguatan (reinforcement) yang dilakukan guru sudahcukup baik (54,9%), 4) keterampilan variasi stimulus yang dilakukan guru sudahcukup baik (72,8%), 5) keterampilan mengelola kelas yang dilakukan guru sudahcukup baik (76,1%). Artinya, persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaranseni rupa di SMA Negeri 3 Kota Solok secara keseluruhan sudah cukup baik. %K PEMBELAJARAN SENI RUPA %L repounp14338 %I Universitas Negeri Padang