%A Fitrina Yuli Rosadi %T Kontribusi Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Sikap Kreatif Siswa terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Solok %D 2011 %X Berdasarkan pengamatan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Solok terlihat hasil belajar pada mata pelajaran TIK masih rendah, yaitu sebanyak 61,88 % berada dibawah standar ketuntasan yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar, diantaranya adalah pemanfaatan fasilitas penunjang pendidikan yang disediakan sekolah seperti pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan sikap kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan besarnya kontribusi pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan sikap kreatif siswa terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Solok ditinjau dari faktor pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan sikap kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 223 orang dan sampel penelitian berjumlah 70 orang. Untuk menentukan ukuran sampel digunakan rumus Taro Yamane dalam Riduwan (2009:65) dan teknik pengambilan sampel digunakan teknik Proposional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan pengukuran skala likert 1-5. Sebelum digunakan angket diuji coba terlebih dahulu, validitas butir diuji dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas angket diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS 17.0. Teknik Analisa data terdiri dari uji persyaratan analisis data, deskripsi data, uji hipotesis, dan penentuan koefisien kontribusi. Uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas menggunakan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji analisis varian, uji linearitas menggunakan Tes for linearity. Untuk mendeskripsikan data digunakan teknik analisa statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian digunakan teknik korelasi sederhana dan uji t pada hipotesis pertama dan hipotesis kedua serta analisis korelasi berganda dan uji F pada pengujian hipotesis ketiga. Untuk melihat besar koefisien kontribusi digunakan rumus koefisien determinan. Hasil analisa data menunjukan bahwa terdapat kontribusi pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar sebesar 14,21%, sikap kreatif siswa berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 25%, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan sikap kreatif siswa berkontribusi secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 26,11%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan sikap kreatif siswa merupakan faktor yang ikut berkontribusi terhadap hasil belajar. %K PEMANFAATAN INTERNET %L repounp14295 %I Universitas Negeri Padang