%A Dila Tri Buana Dewi %T Hubungan Regulasi Diri dengan Kepatuhan terhadap Peraturan Sekolah. %D 2020 %X Peraturan sekolah dibuat agar dapat terselenggaranya kegiatan sekolahdengan baik dan tercapainya tujuan sekolah secara efektif. Kepatuhan para siswaterhadap peraturan sekolah adalah menjadi keharusan, agar pembelajaranberlangsung sesuai dengan harapan. Salah satu faktor yang mempengaruhikepatuhan siswa terhadap peraturan sekolah adalah tingkat regulasi diri.Fenomena yang banyak terjadi adalah masih banyak ditemukan siswa yangmelanggar peraturan sekolah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan gambaran tentang hubungan antara regulasi diri dengankepatuhan terhadap peraturan sekolah pada siswa SMK N 1 Pariaman KotaPariaman Sumatera Barat.Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif korelasional, yaitu untukmendeskripsikan dan menemukan hubungan antara dua variabel, yaitu regulasidiri dan kepatuhan terhadap peraturan sekolah. Populasi penelitian adalah siswaSMK N 1 Pariaman dan sampel ditarik dengan menggunakan teknik stratifiedproposional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket berskala,yang disebarkan melalui aplikasi google form.Hasil penelitian menunjukan bahwa kebanyakan siswa memiliki tingkatregulasi diri yang tinggi dan kebanyakan siswa memiliki kepatuhan terhadapperaturan sekolah yang tinggi. Selanjutnya, temuan penelitian juga menunjukkanbahwa regulasi diri dan kepatuhan terhadap peraturan sekolah memiliki hubunganyang positif dan signifikan. Peneliti menyarankan kepada pihak sekolah agarsenantiasa memberikan dukungan berupa pendidikan karakter untuk siswa dankhususnya kepada guru bimbingan dan konseling agar dapat memberikan layananyang membantu meningkatkan kepatuhan siswa terhadap peraturan sekolah danmencegah serta mengentaskan permasalahan siswa. %K REGULASI DIRI, PERATURAN SEKOLAH %L repounp14254 %I Universitas Negeri Padang