%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Amanda, Dian Wirta %A Universitas Negeri Padang, %B Pendidikan Fisika S1 FMIPA %D 2014 %F repounp:14211 %I Universitas Negeri Padang %K BAHAN AJAR, MOBILE E-LEARNING,PROBLEM BASED INSTRUCTION %T Pembuatan Bahan Ajar Mobile E-Learning dengan Pendekatan Problem Based Instruction (PBI) pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMAN 2 Padang. %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14211/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kurangnya sumberbelajar siswa yaitu bahan ajar yang ada disekolah masih berupa buku cetak,kurangnya bahan ajar yang memanfaatkan IT seperti bahan ajar interaktif dansiswa kekurangan waktu belajar akibat dari penggunaan perangkat mobile yangtidak digunakan untuk menunjang pembelajaran. Seharusnya perangkat mobileini dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran agar siswa memiliki sumberbelajar yaitu dengan pembuatan bahan ajar menggunakan perangkat mobile yangdikenal dengan istilah mobile e-learning. Bahan ajar mobile e-learning inidikembangkan dengan pendekatan problem based instruction (PBI) sehinggasiswa berfikir kristis, analitis, logis dan sistematis untuk menemukan sendirikonsep Fisika yang dipelajarinya. Tujuan penelitian ini secara umum yaitu untukmenghasilkan bahan ajar berbasis mobile e-learning yang valid, efektif danpraktis digunakan dalam pembelajaran fisika kelas X SMA.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development(R&D). Objek dari penelitian adalah bahan ajar mobile e-learning denganpendekatan problem based instruction (PBI) yang diujicobakan kepada siswakelas X IPA 6 SMA Negeri 2 Padang yang berjumlah 15 orang. Instrumenpengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validitas, lembaruji praktikalitas menurut guru fisika, lembar uji praktikalitas menurut siswa, danuji efektivitas berdasarkan tes hasil belajar siswa dalam ranah kognitif. Teknikanalisis produk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, skalalikert, analisis statistik deskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan empathasil penelitian. Pertaman, desain bahan ajar mobile e-learning terdiri daripengantar, petunjuk siswa, daftar isi, content pretest, bahan ajar mobile e-learningyang terbagi menjadi tiga bagian pula yaitu Kegiatan pembelajaran yang disusundengan langkah-langkah pendekatan problem based instruction (PBI), materi ajardan animasi pendukung, evaluasi berupa soal posttest. Kedua, bahan ajar memilikivaliditas valid dengan nilai rata-rata dari tenaga ahli 79,19. Ketiga, nilaikepraktisan bahan ajar mobile e-learning menurut guru fisika sebagai praktisiadalah 93,45, nilai kepraktisan menurut siswa 87,40. Keempat, hasil uji efektifitasbahan ajar berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap data hasil pre-test danipost-test siswa diperoleh nilai thitung = -11.58 dan ttabel = 1,77 pada taraf nyata0,05. Nilai thitung lebih kecil dari pada ttabel dilihat menggunakan uji pihak kanan,hal ini menyatakan bahwa bahan ajar mobile e-learning dengan pendekatanproblem based instruction (PBI) efektif digunakan dalam implementasipembelajaran fisika.