%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Syofia, Dewi %A Universitas Negeri Padang, %B Pendidikan Fisika S1 FMIPA %D 2014 %F repounp:14183 %I Universitas Negeri Padang %K MODEL PEMBELAJARAN, EMPRICAL INDUCTIVE, LEARNING CYCLE %T Penerapan Model Pembelajaran Emprical Inductive Learning Cycle dengan Menggunakan LKS di Kelas VII SMP N 1 Batang Kapas. %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14183/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA Fisika dikelas VII SMP Negeri 1 BatangKapas. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkankarena kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasipermasalahan tersebut pada proses pembelajaran diterapkan model pembelajaranEmprical Induktive Learning Cycle dengan menggunakan LKS. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Fisika siswamenggunakan LKS dalam model pembelajaran Emprical Inductive LearningCycle di kelas VII SMP Negeri 1 BatangKapas.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu denganrancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi pada penelitian iniadalah siswa kelas VII SMPN 1 Batang Kapas yang terdaftar pada tahun ajaran2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster randomSampling sehingga terpilih kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar pada ranah kognitifdan ranah afektif. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar pada ranah kognitifdan format observasi pada ranah afektif. Data hasil belajar ranah kognitif danafektif dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaandua rata-rata.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah kognitif, nilai rata-ratates akhir kelas eksperimen adalah 78,73 sedangkan kelas kontrol adalah 72,90.Nilai rata-rata ranah afektif pada kelas eksperimen adalah 78,84 sedangkan kelaskontrol adalah 75,19. Oleh karena itu hipotesis kerja (Hi) yang berbunyi “Terdapatperbedaan yang berarti dari hasil belajar IPA Fisika siswa dengan penerapanmodel pembelajaran Emprical Inductive Learning Cycle dengan menggunakanLKS di kelas VII SMP Negeri 1 BatangKapas” diterima pada taraf nyata 0,05.Dengan demikian penerapan model pembelajaran Emprical Induktive LearningCycle dengan menggunakan LKS lebih baik untuk diterapkan dalam pembelajarandi kelas VII SMPN 1 BatangKapas.