%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Nasution, Mawaddah %A FIP UNP, %B Bimbingan dan Konseling FIP UNP %D 2019 %F repounp:14041 %I Universitas Negeri Padang %K Siswa, Dukungan Soial Orangtua, Self efficacy %T Hubungan Dukungan Sosial Orangtua Siswa dengan Self Efficacy Akademik Siswa %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14041/ %X Dukungan sosial orangtua pada siswa dengan memberikan segala bentukperilaku dan sikap yang bagus dan positif dapat membantu menjalani tugas-tugasperkembangannya, agar siswa lebih merasa diperhatikan oleh lingkungannyaterutama orangtuanya. Kenyataannya masih ada siswa yang belum mendapatkandukungan sosial yang baik dari orangtua sehingga siswa tidak masuk sekolah dancabut ketika proses belajar mengajar, siswa di buly karena baju dan celana siswayang tidak pantas di pakai lagi, siswa mencontoh tugas temannya, siswa tidakberani berpendapat di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkandukungan sosial orangtua dan self efficacy akademik siswa agar siswa dapatmenjalani keseharian dengan efektif dan mampu mencapai tujuan hidupnya.Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini184 siswa dari 341 populasi siswa di SMP Negeri 4 Padang. Teknik analisis datamenggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasional dengan menggunakanbantuan program komputer Statistic Product and Service Solution (SPSS) versi20,0. Instrumen yang digunakan adalah angket model skala Likert untukmengukur sikap, pendapat, dan persepsi siswa tentang dukungan sosial orangtuasiswa dengan self efficacy akademik siswa.Temuan penelitian mengungkapkan (1) dukungan sosial orangtua secaraumum berada pada kategori cukup mendukung dengan persentase (43%). (2)aspek dukungan emosional berada pada kategori cukup mendukung denganpersentase (40%),(3) aspek dukungan penghargaan berada pada kategori cukupmendukung dengan persentase (42%) (4) aspek dukungan instrumental beradapada kategori kurang mendukung dengan persentase (82%),(5) aspek dukunganinformatif berada pada kategori kurang mendukung dengan persentase (85%). (6)self efficacy akademik siswa secara umum berada pada kategori cukup yakindengan persentase (43%). (7) aspek tingkat (level) berada pada kategori kurangyakin dengan persentase (36,41%),(8) aspek kekuatan (strangth) berada padakategori kurang yakin dengan persentase (44,57%),(9) aspek generalisasi(generality berada pada kategori kurang yakin dengan persentase (50,54%), (10)terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan selfefficacy akademik siswa.