%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Deviana, Marliza %A FT UNP, %B Pdd. Teknik Informatika FT UNP %D 2016 %F repounp:14021 %I Universitas Negeri Padang %K WIFI@UNP, Fuzzy-Servqual, Gap %T Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Quality of Service Jaringan WLAN UNP Menggunakan Metode Fuzzy Servqual %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14021/ %X WIFI@UNP mengalokasikan bandwidth sebesar 250 Mbps bertujuan untukmenyediakan layanan internet yang lebih baik. Namun Quality of Service (QoS)yang terukur pada setiap fakultas berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untukmengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan olehWIFI@UNP tersebut.Metode yang digunakan dalam menentukan tingkat kepuasan mahasiswaadalah metode Servqual yang memuat lima dimensi yaitu tangible, empathy,reliability, responsiveness dan assurance. Metode ini diintegrasikan dengan logikafuzzy untuk menghilangkan unsur subjektifitas mahasiswa dalam penilaian. Datadikumpulkan melalui angket yang berisi pernyataan tentang harapan dan persepsimahasiswa terhadap WIFI@UNP. Data yang terkumpul akan diolah dengan prosesfuzzifikasi dan defuzzifikasi lalu dilanjutkan dengan menentukan nilai gap(Servqual).Hasil analisis menunjukkan bahwa gap keseluruhan bernilai negatif yangartinya mahasiswa belum puas dengan layanan WIFI@UNP. Adapun nilai gap tiapdimensi di FIK yaitu tangible = -1,062; empathy = -0,804; reliability = -0,963;responsiveness = -1,142; dan assurance = -0,681. Sedangkan di FMIPA nilai gapuntuk tangible = -2,550; empathy = -1,329; reliability = -1,875; responsiveness = 2,192;danassurance=-1,330.UntukgapkeseluruhanFIK=-0,930danFMIPA=-1,855.