@phdthesis{repounp13983, title = {Hubungan Antara Strategi Pengelolaan Pembelajaran Penyuluh dengan Motivasi Belajar Kelompok Tani di Nagari Bayua Kabupaten Agam.}, school = {Universitas Negeri Padang}, year = {2014}, month = {August}, author = {Rahayu, Gustini Sri}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar kelompok tani dalam mengikuti penyuluhan yang diduga berkaitan dengan strategi pengelolaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pengelolaan pembelajaran penyuluh dan motivasi belajar kelompok tani, serta melihat hubungan antara stategi pengelolaan pembelajaran dengan motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok tani di Nagari Bayua Kabupaten Agam sebanyak 110 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin didapatkan sampel sebanyak 52 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) strategi pengelolaan pembelajaran penyuluh kelompok tani masih kurang baik yaitu terlihat bahwa penyuluh kurang baik dalam membuat urutan kegiatan pembelajaran dan penyuluh kurang mengontrol kegiatan yang dilakukan oleh warga belajar pada saat pembelajaran, 2) gambaran motivasi belajar kelompok tani masih rendah, terlihat dari kelompok tani tidak mengetahui bahwa pengetahuan tentang pertanian berguna bagi kegiatan pembelajaran dan sebagian kelompok tani kurang semangat dalam mengikuti pelatihan, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara strategi pengelolaan pembelajaran penyuluh dengan motivasi belajar kelompok tani di Nagari Bayua Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Diharapkan kepada penyuluh kelompok tani di Nagari Bayua Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam untuk lebih memperhatikan strategi pengelolaan pembelajaran dalam hal penjadwalan kegiatan belajar, memantau kemajuan belajar, serta memberikan kontrol belajar kepada kelompok tani agar kelompok tani mempunyai semangat yang tinggi dalam proses pembelajaran.}, url = {https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13983/} }