TY - THES KW - NILAI-NILAI KARAKTER KW - MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS M1 - Skripsi AV - public TI - Penerapan Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Model Pembelajaran Siklus 5E pada Materi Fluida dan Termodinamika untuk Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas XI MAN 2 Padang. A1 - Destia, Destia N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran fisika yang masih terpusatpada guru, sehingga siswa cenderung hanya menerima materi dan kurang aktifdalam pembelajaran. Selain itu, bahan ajar yang digunakan disekolah belumbervariasi dan belum mengintegrasikan nilai-nilai karakter. Pembelajaran sepertiini mengakibatkan rendahnya kompetensi siswa. Oleh karena itu, penelitimenyusun modul terintegrasi nilai-nilai karakter dengan menerapkan modelpembelajaran siklus 5E(engagement, exploration, explanation, elaboration,evaluation) dalam materi fluida dan termodinamika. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh penerapan modul terintegrasi nilai-nilai karakter dalammodel pembelajaran siklus 5E terhadap pencapaian kompetensi siswa kelas XIMAN 2 Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancanganRandomized Control Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalahsemua siswa kelas XI MAN 2 Padang pada tahun ajaran 2013/2014 yang terdiridari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling.Dua kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelaseksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputikompetensi siswa dari tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor denganinstrumen penilaian berupa tes untuk ranah kognitif, lembar observasi ranahafektif dan lembar peniaian ranah psikomotor. Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontroladalah 78,63 dan 75,79 pada ranah kognitif; 82,4 dan 79,73 pada ranah afektif dan84,8 dan 81,17 pada ranah psikomotor. Pada uji t diperoleh th= 1,49 untuk ranahkognitif, th= 2,28 untuk ranah afektif dan th = 2,76 untuk ranah psikomotor dan tt= 1,67 untuk ketiga ranah. Pada ranah afektif dan psikomotor diperoleh th > ttsedangkan pada ranah kognitif th < tt. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwapencapaian kompetensi siswa yang diterapkan modul terintegrasi nilai-nilaikarakter lebih baik daripada pencapaian kompetensi siswa yang tidak diterapkanmodul terintegrasi nilai-nilai karakter UR - https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13963/ ID - repounp13963 PB - Universitas Negeri Padang Y1 - 2014/// ER -