%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Agustina, Lia %A FIP UNP, %B Bimbingan dan Konseling FIP UNP %D 2016 %F repounp:13811 %I Universitas Negeri Padang %K Persepsi, Peranan Guru BK, Disiplin %T Persepsi Siswa tentang Peranan Guru BK dalam Meningkatkan Disiplin %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13811/ %X Disiplin sangat penting bagi siswa. Disiplin merupakan suatu sikap, tingkah laku, perbuatan yang selalu mematuhi serta tunduk terhadap peraturan dan ketentuan yang berlaku di sekolah. Dalam meningkatkan disiplin di sekolah peranan pihak sekolah termasuk guru BK sangat diperlukan. Agar tidak terjadi pelanggaran disiplin oleh siswa di sekolah, guru BK sudah memberikan layanan-layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan disiplin di sekolah seperti layanan informasi, layanan konseling perorangan dan layanan bimbingan kelompok. Fenomena yang ditemukan di sekolah terlihat masih adanya pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh siswa seperti: terlambat datang ke sekolah, memakai seragam yang tidak lengkap dan tidak rapi, cabut, bolos. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang peranan guru BK dalam meningkatkan disiplin, mengenai aspek (1) meningkatkan pemahaman siswa tentang disiplin, (2) memberikan keteladanan dalam berdisiplin, (3) menampilkan sikap tegas dan mendidik dalam membina disiplin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan kelas X dan XI SMA N 1 Lintau berjumlah 552 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik simple rondom sampling . Sehingga didapatkan sampel sebanyak 246 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan berupa instrumen (angket) dan data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Temuan penelitian mengungkapkan secara keseluruhan persepsi siswa tentang peranan guru BK dalam meningkatkan disiplin dikategorikan cukup baik, dapat dilihat dengan rinci berikut ini, (1) persepsi siswa tentang peranan guru BK dalam meningkatkan pemahaman mengenai disiplin berada pada kategori cukup baik, (2) persepsi siswa tentang peranan guru BK dalam memberikan keteladan berdisiplin berada pada kategori cukup baik, (3) persepsi siswa tentang peranan guru BK menampilkan sikap tegas dan mendidik dalam membina disiplin berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, diharapkan guru BK untuk dapat lebih baik membantu dan membimbing siswa dalam meningkatkan disiplin, mengidentifikasi penyebab terjadinya pelanggaran disiplin yang dilakukan siswa dan menanganinya dengan berbagai pendekatan bimbingan dan konseling, seperti layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompok.