%A Delfi Zulkifli Yanti %T Hubungan Adversity Quotient (AQ) dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara. %D 2021 %X Prestasi belajar adalah hasil penilaian yang diperoleh dari kegiatanpersekolahan yang bersifat kognitif dan ditentukan melalui kegiatan pengukuran danpenilaian. Salah satu penentu prestasi belajar adalah siswa mampu mengatasikesulitan-kesulitan dalam belajar. Kesulitan belajar adalah kondisi yangmenimbulkan hambatan dalam proses belajar. Kesulitan-kesulitan belajar akanmempengaruhi pencapaian siswa dalam memperoleh prestasi belajar yang tinggi.Kenyataannya ada siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah, siswa tidakmampu mengatur waktu untuk belajar, ada siswa yang kurang memahami konseppelajaran, serta ada siswa yang mengalami kesulitan dalam sarana belajar sehinggamenghambat proses belajar yang menyebabkan kegiatan pembelajaran menjaditerganggu. Adversity quotient (AQ) sangat diperlukan dalam hal ini. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk adversity quotient (AQ), (2) prestasibelajar siswa, dan (3) menguji hubungan adversity quotient (AQ) dengan prestasibelajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasipenelitian 701 orang siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara dansampel 277 orang siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling.Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner adversity quotient (AQ ) dan prestasibelajar dilihat dari dokumen nilai semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Data dianalisismenggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment untukmengetahui hubungan adversity quotient (AQ ) dengan prestasi belajar siswa melaluiprogram statistik SPSS for windows release 20.0.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) adversity quotient (AQ ) beradapada kategori sedang, (2) prestasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (3)terdapat hubungan yang positif signifikan antara bentuk adversity quotient (AQ )dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien sebesar 0,218 dengan nilai signifikansig.(2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai Pearson Correlation sebesar 1 dengan tingkathubungan lemah. %K ADVERSITY QUOTIENT, PRESTASI BELAJAR %L repounp13793 %I Universitas Negeri Padang