%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Sulva, Fira Stevani %A FIP UNP, %B Bimbingan Konseling FIP UNP %D 2020 %F repounp:13616 %I Universitas Negeri Padang %T Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13616/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan masihditemukan peserta didik yang tidak memiliki motivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Salah satu faktor penyebab terjadinya motivasi belajar adalah kondisi lingkungan siswa yang tidak mendukung sehingga siswa tidak memiliki minat untuk belajar dan hubungan sosial peserta didik dengan teman sebayanya Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran motivasi belajar peserta didik,dukungan sosial teman sebaya, dan menguji hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik di SMP Negeri 34 Padang yang berjumlah 501 orang, dengan sampel sebanyak 222 peserta didik, yang dipilih dengan tekniksimple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar siswa dengan model skala likert. Pengolahan data menggunakan microsoft excel. Untuk melihat hubungan kedua variabel menggunakan pearson correlation product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) dukungan sosial teman sebaya berada pada kategori tinggi dengan skor 118 dan persentase 53,2%, (2) motivasi belajarberada pada kategori tinggi dengan skor 129 dan persentase 58,1%, (3)terdapat hubungan yang positif signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar dengan rxy =0,485 dan taraf signifikan sebesar0,000.Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang positif signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar, pentingnya dukungan sosial teman sebaya agar dapat mendorong peserta didik untuk dapat meningkatkan motivasi serta minat peserta didik dalam belajar.