%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Sari, Indah %A Universitas Negeri Padang, %B Pendidikan Sejarah FIS UNP %D 2021 %F repounp:13498 %I Universitas Negeri Padang %T Perbandingan Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MAN 2 Mandailing Natal Tahun Ajaran 2020/2021 %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13498/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengukur adanya perbedaan yang signifikan Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MAN 2 Mandailing Natal Tahun Ajaran 2020/2021). Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Mandailing Natal tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel digunakan adalah Proportionate Random Sampling (Sampel Acak Proposional). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Hipotesis penelitian diuji dengan uji chi-square pada taraf nyata 0,05 dan Asmpy sig. < 0,05 yaitu 0,26. Uji chi-square dilakukam karena data tidak memenuhi uji persyataran analisis. Temuan Penelitian ini bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru berlatar pendidikan sejarah memiliki rata-rata 127,22 dan persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bukan berlatar pendidikan sejarah 86,54. Dari uji hipotesis dinyatakan bahwa nilai signifikan (2.tailed) < 0,05 yaitu 0,26 maka berdasarkan pengambilan keputusan dalam uji chi-square dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan ( nyata) antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X MAN 2 Mandailing Natal tahun ajaran 2020/2021.