@phdthesis{repounp13498, title = {Perbandingan Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MAN 2 Mandailing Natal Tahun Ajaran 2020/2021}, school = {Universitas Negeri Padang}, year = {2021}, author = {Sari, Indah}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengukur adanya perbedaan yang signifikan Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MAN 2 Mandailing Natal Tahun Ajaran 2020/2021). Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Mandailing Natal tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel digunakan adalah Proportionate Random Sampling (Sampel Acak Proposional). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Hipotesis penelitian diuji dengan uji chi-square pada taraf nyata 0,05 dan Asmpy sig. {\ensuremath{<}} 0,05 yaitu 0,26. Uji chi-square dilakukam karena data tidak memenuhi uji persyataran analisis. Temuan Penelitian ini bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru berlatar pendidikan sejarah memiliki rata-rata 127,22 dan persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bukan berlatar pendidikan sejarah 86,54. Dari uji hipotesis dinyatakan bahwa nilai signifikan (2.tailed) {\ensuremath{<}} 0,05 yaitu 0,26 maka berdasarkan pengambilan keputusan dalam uji chi-square dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan ( nyata) antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X MAN 2 Mandailing Natal tahun ajaran 2020/2021.}, url = {https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13498/} }