@phdthesis{repounp13426, title = {Pemanfaatan Youtube sebagai Sumber Belajar Sejarah oleh Guru dan Siswa: Studi Empiris di SMA Negeri 1 Batang Anai}, school = {Universitas Negeri Padang}, year = {2018}, month = {March}, author = {Olfando, Yosdi}, keywords = {PEMBELAJARAN SEJARAH}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi penulis pada tanggal 21 Februari, dan 8 Agustus 2017 di SMA N 1 Batang Anai, bahwa tidak semua guru sejarah menggunakan media konvensional maupun multimedia sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah, selain itu siswa juga jarang memanfaatkan berbagai sumber belajar terutama yang menggunakan smartphone dan laptop. Oleh karena itu, guru harus mampu menggunakan dan merancang pembelajaran yang berkualitas, sehingga dapat menyediakan materi pembelajaran bagi peserta didik. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang "pemanfaatan youtube sebagai sumber belajar sejarah oleh guru dan siswa (studi empiris di SMA Negeri 1 Batang Anai)". Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pemanfaatan youtube sebagai sumber belajar sejarah. 2) Mendeskripsikan situs video youtube yang relevan sebagai sumber belajar sejarah pada kelas X, XI, dan XII dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SMA N 1 Batang Anai. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini adalah 3 orang guru sejarah dan 27 orang siswa SMA N 1 Batang Anai. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik triangulasi data, kemudian analisis data menggunakan analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukkan, bahwa youtube dimanfaatkan oleh guru dan siswa sebagai sumber belajar sejarah, kemudian informasi berupa video youtube yang diperoleh dikaitkan dengan bahan ajar yang ada di buku dan dirangkum dengan materi pembelajaran yang didapatkan melalui situs youtube. Youtube dapat digunakan untuk mencari berbagai video pembelajaran dan memberi kemudahan bagi guru dan siswa dalam mencari sumber belajar sejarah. Namun dalam kenyataannya siswa dan guru juga mengalami hambatan dalam pemanfaatan youtube sebagai sumber belajar sejarah, yaitu berupa keterbatasan biaya, wifi sekolah yang kurang stabil, serta pengetahuan guru dalam menerapkan media yang ada ini terbatas akan hal tersebut.}, url = {https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13426/} }