%0 Thesis %9 Bachelor/Skripsi %A Susanti, Mimi %A FIP UNP, %B Pendidikan Luar Sekolah FIP UNP %D 2014 %F repounp:13410 %I Universitas Negeri Padang %T Penggunaan Metode Pembelajaran pada Pelatihan Tata Rias Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Nagari Ganggo Hilia, Kabupaten Pasaman %U https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13410/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan belajar warga belajar pelatihan tata rias pada kelompok pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) di Nagari Ganggo Hilia, Kabupaten Pasaman, terlihat bahwa lebih dari separuh warga belajar sudah bekerja. Peneliti menduga bahwa salah satu penye-bab keberhasilan belajar tersebut karena metode pembelajaran yang digunakan oleh instruktur sesuai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meng-gambarkan penggunaan metode ceramah, demonstrasi dan drill oleh instruktur pelatihan tata rias. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar pelatihan tata rias yang berjumlah 16 orang. Penarikan sampel dengan menggunakan metode sensus yaitu seluruh populasi dijadikan responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sedangkan alat pengumpul data dengan menggunakan lembaran angket (quetioner). Teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa gambaran penggunaan metode pem-belajaran pelatihan tata rias menurut warga belajar kelompok PKK Nagari Ganggo Hilia, Kabupaten Pasaman adalah (a) penggunaan metode ceramah menu-rut sebagian besar warga belajar menyatakan instruktur menggunakan metode ceramah dengan sangat baik dalam pelatihan tata rias (b) penggunaan metode demonstrasi menurut sebagian besar warga belajar menyatakan instruktur meng-gunakan metode demonstrasi dengan sangat baik dalam pembelajaran tata rias, dan (c) penggunaan metode drill menurut sebagian besar warga belajar me-nyatakan instruktur menggunakan metode drill dengan baik dalam pembelajaran tata rias. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar instruktur mengguna-kan metode pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran serta kesanggupan instruktur dalam menggunakan metode agar tujuan diadakannya pelatihan dapat tercapai.