%X Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya isu siswa yang menyontek disaat ujian karena tidak menguasi materi ujian atau tidak memahami makna ujian yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas layanan penguasaan konten menggunakan bimbingan kelompok belajar dalam mengurangi perilaku menyontek siswa saat ujian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasy-Experiment jenis The Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 1 dan VIII 2 SMPN 6 X Koto Singkarak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dianalisis dengan teknik uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukan layanan penguasaan konten menggunakan bimbingan kelompok belajar dapat mengurangi perilaku menyontek siswa saat ujian dan lebih efektif digunakan dibandingkan dengan layanan penguasaan konten tanpa bimbingan kelompok belajar. Guru BK diharapkan dapat mengurangi perilaku menyontek siswa saat ujian menggunakan layanan penguasaan konten melalui bimbingan kelompok belajar. %D 2018 %L repounp13196 %A Endang Ningsih %I Universitas Negeri Padang %T Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Melalui Bimbingan Kelompok Belajar dalam Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa Saat Ujian: Studi Eksperimen terhadap Siswa SMPN 6 X Koto Singkarak